Prosem TIK SMA Kls XII Smstr 1


                                                  PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah            :
Kelas/ Semester         : XII/1
Mata Pelajaran           : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kode Kompetensi     : 1.
Standar Kompetensi  : Menggunakan perangkat lunak pembuat desain grafis
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
Menunjukan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak desain grafis

  • Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
  • Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
  • Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
  • Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
  • Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
  • Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
Indentifikasi Menu Desain Grafis Corel Draw





























Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat desain grafis

  • Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru
  • Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan halaman
  • Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan teks
  • Memodifikasi pembuatan garis dan bentuk
  • Memodifikasi pewarnaan pada grafis
Membuat Desain Sederhana dengan Corel Draw





























Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk dan ukuran

  • Membuat beberapa kreasi grafis 
  • Membuat sebuah karya fotografi
  • Membuat leaflet.
  • Membuat surat undangan
Membuat Desain Grafis untuk keperluan cetak





























Uji Materi





























Remedial





























Pengayaan





























Mengetahui, ………………………, …….
Kepala Sekolah SMA Guru Kelas / Guru MP






………………………….. ……………………………
NIP. NIP.