Silabus TIK SMA Smstr 1


SILABUS TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


Nama Sekolah          : SMA _________
Mata Pelajaran          : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester      : XI/1
Standar Kompetensi  : 1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi


Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi Pencapaian
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan / Alat
    1. Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet

  • Disiplin
  • Kerja keras
  • Kreatif
  • Rasa ingin tahu
  • Cinta Tanah air
  • Menghargai prestasi
  • Bersahabat
  • Cinta damai
  • Gemar membaca
  • Tanggung jawab

  • Percaya diri
  • Berorientasi tugas dan hasil
  • Berani mengambil resiko
  • Berorientasi ke masa depan
Perangkat Keras Internet
  • Guru menginformasikan kepada siswa tentang perangkat keras yang digunakan
  • Melalui diskusi kelompok dan panduan buku pegangan siswa mendeskripsikan tentang ISP, istilah-istilah dalam bidang internet
  • Melalui diskusi kelompok mendeskripsikan tentang User ID dan Pasword

  • Mendeskripsikam fungsi perangkat keras yang digunakan untuk akses internet
  • Mendeskripsikan Peran Internet Service Provider (ISP)
  • Mendeskripsikan User ID dan Pasword
Penilaian melalui tes kinerja dan tertulis
6 JP
  • Sumber Buku TIK Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Erlangga Jakarta
  • UTP, RJ 45
  • Sofware Internet Explorer
    1. Mendeskripsikan cara akses internet

    • Disiplin
    • Kerja keras
    • Kreatif
    • Rasa ingin tahu
    • Cinta Tanah air
    • Menghargai prestasi
    • Bersahabat
    • Cinta damai
    • Gemar membaca
    • Tanggung jawab
    • Percaya diri
    • Berorientasi tugas dan hasil
    • Berani mengambil resiko
    • Berorientasi ke masa depan
Broswer Internet
  • Melalui diskusi dan tampilan Internet Explorer mengidentifikasi menu, icon yang ada pada internet explorer
  • Mendmontrasikan cara penggunaan internet explorer
  • Diskusi mengenai www sebagai sumber pelayanan informasi
  • Penelusuran bahan bacaan untuk mendeskripsikan URL, HTML dan search engine
  • Menelusuri beberapa situs yang menyediakan search engine
  • Demontrasi mengenai cara pembuat HTML melalui Wordpad, FrontPage, Publiser

  • Identifikasi internet Explorer
  • Menggunakan fasilitas yang ada pada internet Explorer
  • Mendeskripsikan pelayanaan www sebagai sumber informasi
  • Mendeskripsikan pengertiaan URL dan home page
  • Mendeskripsikan HTML
  • Mengenal beberapa situs yang menyediakan fasilitas search engine
Penilaian melalui tes kinerja dan tertulis serta praktek
6 JP
  • Sumber Buku TIK Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Erlangga Jakarta
  • Sambungan interner
    1. Mempraktekan Akses internet

    • Disiplin
    • Kerja keras
    • Kreatif
    • Rasa ingin tahu
    • Cinta Tanah air
    • Menghargai prestasi
    • Bersahabat
    • Cinta damai
    • Gemar membaca
    • Tanggung jawab
    • Percaya diri
    • Berorientasi tugas dan hasil
    • Berani mengambil resiko
    • Berorientasi ke masa depan
Menggunakan Search Engine
  • Mempraktekan cara menggunakan search engine untuk mencari homepage
  • Melalui demontransi dan praktik siswa diajak untuk mencari gambar dengan kategori tertentu dengan menggunakan search engine
  • Mempraktekan cara mencari informasi dengan kategori tertentu
  • Menggunakan search engine untuk mencari home page
  • Menggunakan search untuk mencari gambar
  • Menggunakan search engine untuk mencari sesuatu dengan kategori tertentu
Penilaian melalui tes kinerja dan tertulis serta praktek
8 JP
  • Sumber Buku TIK Karya Sadiman, S.Pd
  • Penerbit Erlangga Jakarta
  • Sambungan internet
    1. Menggunakan Browser untuk memperoleh, menyimpan, dan mencetak informasi

    • Disiplin
    • Kerja keras
    • Kreatif
    • Rasa ingin tahu
    • Cinta Tanah air
    • Menghargai prestasi
    • Bersahabat
    • Cinta damai
    • Gemar membaca
    • Tanggung jawab
    • Percaya diri
    • Berorientasi tugas dan hasil
    • Berani mengambil resiko
    • Berorientasi ke masa depan
Menyimpan halaman Web ke komputer
  • Melalui kegiatan belajaran langsung siswa diajak untuk mengelola hasil pencarian yang diperoleh dari halaman internet, seperti menyimpan dalam MS.Word, dalam format HTML melalui penyimpanan save atau down load.

  • Mengelola informasi yang diperolah
  • Mencetak dan menyimpan informasi
  • Melakukan down load file dan menentukan tempat penyimpanan
Penilaian melalui tes kinerja dan tertulis serta praktek
8 JP
  • Sumber Buku TIK Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Erlangga Jakarta
  • Sambungan internet
    1. Menggunakan email utnuk keperluan informasi dan komunikasi
    • Disiplin
    • Kerja keras
    • Kreatif
    • Rasa ingin tahu
    • Cinta Tanah air
    • Menghargai prestasi
    • Bersahabat
    • Cinta damai
    • Gemar membaca
    • Tanggung jawab
    • Percaya diri
    • Berorientasi tugas dan hasil
    • Berani mengambil resiko
    • Berorientasi ke masa depan
Surat Elekronik Email
  • Mengidentifikasi email sebagai alat komunikasi elektronik
  • Membuat email dengan website yahoo.com
  • Login ke account email
  • Melampiran surat / attactment
  • Email dengan internet explorer
  • Mengecek email yang masuk
  • Mailing List
  • Chatting yahoo massanger
  • Menggunakn mIRC

  • Menjelaskan fungsi email sebagai alat komunikasi
  • Mendemontrasikan untuk melampirkan / attacment file
  • Memindahkan cara mengambil attatcment file ke media lain
Penilaian melalui tes kinerja dan tertulis serta praktek
8 JP
  • Sumber Buku TIK Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Erlangga Jakarta
  • Sambungan internet












Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel TIK



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................