Silabus TIK Kelas X Smstr 1



SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Nama Sekolah                       : ___________________
Mata Pelajaan                       : TIK
Alokasi Waktu per Semester  : 40 jam pelajaran
Kelas/Semester                    : X/1

Standar Kompetensi : 1.Melakukan operasi dasar komputer
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat
1.1. Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur yang benar
·   Disiplin
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Rasa ingin tahu
·   Cinta Tanah air
·   Menghargai prestasi
·   Bersahabat
·   Cinta damai
·   Gemar membaca
·   Tanggung jawab

·   Percaya diri
·   Berorientasi tugas dan hasil
·   Berani mengambil resiko
·   Berorientasi ke masa depan
·   Booting komputer dengan cara yaitu Warm boot dan cold boot
·   Diskusi tentang sejarah perkembangan kompute dari pertama kali diciptakan sampai dengan sekarang
·   Diskusi informasi tentang istilah Warm boot dan Cold Boot
·   Memperagakan cara untuk menghidupkan computer dengan metoda warm boot
·   Memeragakan cara untuk menghidupkan computer dengan Cold Boot
·   Menjelaskan sejarah perkembangan komputer
·   Menjelaskan pengertian warm boot
·   Memperagakan cara melakukan Cold Boot dan Warm Boot
·   Tugas individu dan performance tes
4
·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer karya Sadiman, S.Pd (Erlangga)
·   Seperangkat LCD
1.2. Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
o   Disiplin
o   Kerja keras
o   Kreatif
o   Rasa ingin tahu
o   Cinta Tanah air
o   Menghargai prestasi
o   Bersahabat
o   Cinta damai
o   Gemar membaca
o   Tanggung jawab
o   Percaya diri
o   Berorientasi tugas dan hasil
o   Berani mengambil resiko
o   Berorientasi ke masa depan
·   Cara meng-perasikan Disk Operating Sistem

·   Memperagakan beberapa operasi dalam DOS
·   Memperagakan cara menjalankanbeberapa program aplikasi
·   Mengoperasikan Disk operating Sistem
·   Mengoperasikan beberapa program aplikasi
·   Tugas individu dengan test tertulis
·   Praktek
4
·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer karya sadiman (Elangga)












Standar Kompetensi : 2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat
2.1. Mendeskripsikan fungsi kerja komputer, komunikasi serta perbagai peralatan teknologi informasi
·   Disiplin
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Rasa ingin tahu
·   Cinta Tanah air
·   Menghargai prestasi
·   Bersahabat
·   Cinta damai
·   Gemar membaca
·   Tanggung jawab

·   Percaya diri
·   Berorientasi tugas dan hasil
·   Berani mengambil resiko
·   Berorientasi ke masa depan
·   Bilangan biner
·   Melalui diskusi dalam kelompok-kelompok siswa di ajak untuk memahami cara penulisan bilangan biner (berbasis angka 2) dan bilangan berbasis angka 10
·   Membedakan antara data dan informasi
·   Menggambarkan siklus proses informasi
·   Tugas individu
6
·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer karya Sadiman, S.Pd (Erlangga)

2.2. Menjelaskan fungsi kerja dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
o   Disiplin
o   Kerja keras
o   Kreatif
o   Rasa ingin tahu
o   Cinta Tanah air
o   Menghargai prestasi
o   Bersahabat
o   Cinta damai
o   Gemar membaca
o   Tanggung jawab
o   Percaya diri
o   Berorientasi tugas dan hasil
o   Berani mengambil resiko
o   Berorientasi ke masa depan
·   Topologi jaringan
·   Melalui gambar, bahan nyata siswa diajak untuk memahami tentang topologi jaringan, kabel, konektor
·   Konsep jaringan komputer
·   Menunjukan perangkat keras dalam sistem informasi
·   Memperagakan fungsi perangkat lunak
·   Tugas individu
6
·   Beberapa komponen untuk membuat jaringan
·   Gambar
·   LCD
2.3. Mendemostrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak  dan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi
o   Disiplin
o   Kerja keras
o   Kreatif
o   Rasa ingin tahu
o   Cinta Tanah air
o   Menghargai prestasi
o   Bersahabat
o   Cinta damai
o   Gemar membaca
o   Tanggung jawab
o   Percaya diri
o   Berorientasi tugas dan hasil
o   Berani mengambil resiko
o   Berorientasi ke masa depan
·   Hardware komputer
·   Sofware komputer

·   Melalui pembelajaran langsung siswa diajak untuk mendesksipkan pengertian hardware, memmberikan contoh dan kegunaannya di komputer
·   Melalui pembelajaran langsung siswa diajak untuk mendesksipkan pengertian software dan memberikan contoh serta kegunaanya di dalam kehidupan sehari-hari
·   Menunjukan macam-macam perangkat lunak
·   Membedakan fungsi perangkat lunak
·   Tugas kelompok
6
·   LKS






Standar Kompetensi : 3. Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat
3.1. Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perang lunak
·   Disiplin
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Rasa ingin tahu
·   Cinta Tanah air
·   Menghargai prestasi
·   Bersahabat
·   Cinta damai
·   Gemar membaca
·   Tanggung jawab

·   Percaya diri
·   Berorientasi tugas dan hasil
·   Berani mengambil resiko
·   Berorientasi ke masa depan
·   Etika penggunaan komputer
·   Melalui diskusi siswa diajak untuk membicarakan masalah aturan hak cipta, dampat pelanggaran hak cipta dan aturan-aturan berkaitan dengan hak cipta
·   Menjelaskan tentang aturan hak cipta
·   Menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta
·   Menjelaskan jenis pelanggaran hak cipta
·   Menerapkan aturan-aturan hak cipta yang berkaitan dengan informasi dan komunikasi
·   Perfomence test
4
·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer karya Sadiman, S.Pd (Erlangga)
·   Seperangkat LCD
3.2. Memperagakan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
o   Disiplin
o   Kerja keras
o   Kreatif
o   Rasa ingin tahu
o   Cinta Tanah air
o   Menghargai prestasi
o   Bersahabat
o   Cinta damai
o   Gemar membaca
o   Tanggung jawab
o   Percaya diri
o   Berorientasi tugas dan hasil
o   Berani mengambil resiko
o   Berorientasi ke masa depan
·   Prinsip-prinsip K3
·   Dengan pembelajaran langsung siswa diajak untuk memperagakan cara-cara untuk menjaga K3 dalam menggunakan komputer
·   Mengetahui prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja
·   Memperagakan posisi duduk dengan baik dan benar
·   Mendemonstrasikan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
·   Tugas individu (tugas mandiri)
2
·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer karya sadiman (Erlangga)
3.3. Menghargai pentingnya hak cipta atas Kekayaan intelektual (HAKI)
o   Disiplin
o   Kerja keras
o   Kreatif
o   Rasa ingin tahu
o   Cinta Tanah air
o   Menghargai prestasi
o   Bersahabat
o   Cinta damai
o   Gemar membaca
o   Tanggung jawab
o   Percaya diri
o   Berorientasi tugas dan hasil
o   Berani mengambil resiko
o   Berorientasi ke masa depan
·   HAKI
·   Dengan diskusi siswa di ajak untuk memahami undang-undang hak cipta yang berkaitan dengan perangkat lunak
·   Menjelaskan tentang undang-undang hak kekayaan intelektual
·   Menjelaskan contoh hak cipta dari perangkat lunak
·   Tugas individu (tugas mandiri
2
·    

Catatan: Sisa jam digunakan untuk ulangan blok, dan remedial





Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel TIK



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................