SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Nama Sekolah :
___________________
Mata Pelajaan :
TIK
Alokasi Waktu per Semester : 40 jam
pelajaran
Kelas/Semester :
X/1
Standar Kompetensi :
1.Melakukan operasi dasar komputer
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
1.1. Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai
dengan prosedur yang benar
|
· Disiplin
· Kerja keras
· Kreatif
· Rasa ingin tahu
· Cinta Tanah air
· Menghargai prestasi
· Bersahabat
· Cinta damai
· Gemar membaca
· Tanggung jawab
|
· Percaya diri
· Berorientasi tugas dan
hasil
· Berani mengambil resiko
·
Berorientasi ke masa depan
|
· Booting komputer dengan
cara yaitu Warm boot dan cold boot
|
·
Diskusi tentang
sejarah perkembangan kompute dari pertama kali diciptakan sampai dengan
sekarang
·
Diskusi
informasi tentang istilah Warm boot dan Cold Boot
·
Memperagakan cara
untuk menghidupkan computer dengan metoda warm boot
· Memeragakan cara untuk menghidupkan computer dengan
Cold Boot
|
· Menjelaskan sejarah
perkembangan komputer
· Menjelaskan pengertian
warm boot
· Memperagakan cara
melakukan Cold Boot dan Warm Boot
|
· Tugas individu dan
performance tes
|
4
|
· Seperangkat komputer
· Buku komputer karya
Sadiman, S.Pd (Erlangga)
· Seperangkat LCD
|
1.2. Menggunakan perangkat lunak beberapa
program aplikasi
|
o Disiplin
o Kerja keras
o Kreatif
o Rasa ingin tahu
o Cinta Tanah air
o Menghargai prestasi
o Bersahabat
o Cinta damai
o Gemar membaca
o Tanggung jawab
|
o Percaya diri
o Berorientasi tugas dan
hasil
o Berani mengambil resiko
o Berorientasi ke masa
depan
|
· Cara meng-perasikan
Disk Operating Sistem
|
· Memperagakan beberapa
operasi dalam DOS
· Memperagakan cara menjalankanbeberapa
program aplikasi
|
· Mengoperasikan Disk
operating Sistem
· Mengoperasikan beberapa
program aplikasi
|
· Tugas individu dengan
test tertulis
· Praktek
|
4
|
· Seperangkat komputer
· Buku komputer karya
sadiman (Elangga)
|
Standar Kompetensi :
2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan
komunikasi
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
2.1. Mendeskripsikan fungsi kerja komputer,
komunikasi serta perbagai peralatan teknologi informasi
|
· Disiplin
· Kerja keras
· Kreatif
· Rasa ingin tahu
· Cinta Tanah air
· Menghargai prestasi
· Bersahabat
· Cinta damai
· Gemar membaca
· Tanggung jawab
|
· Percaya diri
· Berorientasi tugas dan
hasil
· Berani mengambil resiko
·
Berorientasi ke masa depan
|
· Bilangan biner
|
· Melalui diskusi dalam
kelompok-kelompok siswa di ajak untuk memahami cara penulisan bilangan biner
(berbasis angka 2) dan bilangan berbasis angka 10
|
· Membedakan antara data
dan informasi
· Menggambarkan siklus
proses informasi
|
· Tugas individu
|
6
|
· Seperangkat komputer
· Buku komputer karya
Sadiman, S.Pd (Erlangga)
|
2.2. Menjelaskan fungsi kerja dan cara kerja
jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
|
o Disiplin
o Kerja keras
o Kreatif
o Rasa ingin tahu
o Cinta Tanah air
o Menghargai prestasi
o Bersahabat
o Cinta damai
o Gemar membaca
o Tanggung jawab
|
o Percaya diri
o Berorientasi tugas dan
hasil
o Berani mengambil resiko
o Berorientasi ke masa
depan
|
· Topologi jaringan
|
· Melalui gambar, bahan
nyata siswa diajak untuk memahami tentang topologi jaringan, kabel, konektor
|
· Konsep jaringan
komputer
· Menunjukan perangkat
keras dalam sistem informasi
· Memperagakan fungsi
perangkat lunak
|
· Tugas individu
|
6
|
· Beberapa komponen untuk
membuat jaringan
· Gambar
· LCD
|
2.3. Mendemostrasikan fungsi dan cara kerja
perangkat lunak dan aplikasi teknologi
informasi dan komunikasi
|
o Disiplin
o Kerja keras
o Kreatif
o Rasa ingin tahu
o Cinta Tanah air
o Menghargai prestasi
o Bersahabat
o Cinta damai
o Gemar membaca
o Tanggung jawab
|
o Percaya diri
o Berorientasi tugas dan
hasil
o Berani mengambil resiko
o Berorientasi ke masa
depan
|
· Hardware komputer
· Sofware komputer
|
· Melalui pembelajaran
langsung siswa diajak untuk mendesksipkan pengertian hardware, memmberikan
contoh dan kegunaannya di komputer
· Melalui pembelajaran
langsung siswa diajak untuk mendesksipkan pengertian software dan memberikan
contoh serta kegunaanya di dalam kehidupan sehari-hari
|
· Menunjukan macam-macam
perangkat lunak
· Membedakan fungsi
perangkat lunak
|
· Tugas kelompok
|
6
|
· LKS
|
Standar Kompetensi :
3. Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
3.1. Menerapkan aturan yang berkaitan dengan
etika dan moral terhadap perangkat keras dan perang lunak
|
· Disiplin
· Kerja keras
· Kreatif
· Rasa ingin tahu
· Cinta Tanah air
· Menghargai prestasi
· Bersahabat
· Cinta damai
· Gemar membaca
· Tanggung jawab
|
· Percaya diri
· Berorientasi tugas dan
hasil
· Berani mengambil resiko
·
Berorientasi ke masa depan
|
· Etika penggunaan
komputer
|
· Melalui diskusi siswa
diajak untuk membicarakan masalah aturan hak cipta, dampat pelanggaran hak
cipta dan aturan-aturan berkaitan dengan hak cipta
|
· Menjelaskan tentang
aturan hak cipta
· Menjelaskan dampak
pelanggaran hak cipta
· Menjelaskan jenis
pelanggaran hak cipta
· Menerapkan
aturan-aturan hak cipta yang berkaitan dengan informasi dan komunikasi
|
· Perfomence test
|
4
|
· Seperangkat komputer
· Buku komputer karya
Sadiman, S.Pd (Erlangga)
· Seperangkat LCD
|
3.2. Memperagakan prinsip-prinsip Kesehatan dan
Keselamatan Kerja (K3)
|
o Disiplin
o Kerja keras
o Kreatif
o Rasa ingin tahu
o Cinta Tanah air
o Menghargai prestasi
o Bersahabat
o Cinta damai
o Gemar membaca
o Tanggung jawab
|
o Percaya diri
o Berorientasi tugas dan
hasil
o Berani mengambil resiko
o Berorientasi ke masa
depan
|
· Prinsip-prinsip K3
|
· Dengan pembelajaran
langsung siswa diajak untuk memperagakan cara-cara untuk menjaga K3 dalam
menggunakan komputer
|
· Mengetahui
prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja
· Memperagakan posisi
duduk dengan baik dan benar
· Mendemonstrasikan cara
menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja
(K3)
|
· Tugas individu (tugas
mandiri)
|
2
|
· Seperangkat komputer
· Buku komputer karya
sadiman (Erlangga)
|
3.3. Menghargai pentingnya hak cipta atas
Kekayaan intelektual (HAKI)
|
o Disiplin
o Kerja keras
o Kreatif
o Rasa ingin tahu
o Cinta Tanah air
o Menghargai prestasi
o Bersahabat
o Cinta damai
o Gemar membaca
o Tanggung jawab
|
o Percaya diri
o Berorientasi tugas dan
hasil
o Berani mengambil resiko
o Berorientasi ke masa
depan
|
· HAKI
|
· Dengan diskusi siswa di
ajak untuk memahami undang-undang hak cipta yang berkaitan dengan perangkat
lunak
|
· Menjelaskan tentang
undang-undang hak kekayaan intelektual
· Menjelaskan contoh hak
cipta dari perangkat lunak
|
· Tugas individu (tugas
mandiri
|
2
|
·
|
Catatan: Sisa jam digunakan untuk ulangan blok, dan remedial
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|