silabus tik kls x smstr 2



SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN(KTSP)
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Nama Sekolah                       : ___________________________
Mata Pelajaan                       : TIK 
Alokasi Waktu per Semester  : 40 jam pelajaran
Kelas/Semester                    : X/2

Standar Kompetensi : 4. Menggunakan Operasi Dasar System (OS) komputer

Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat
4.1. Melakukan operasi dasar pada operaing sistem (OS) komputer
·   Disiplin
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Rasa ingin tahu
·   Cinta Tanah air
·   Menghargai prestasi
·   Bersahabat
·   Cinta damai
·   Gemar membaca
·   Tanggung jawab

·   Percaya diri
·   Berorientasi tugas dan hasil
·   Berani mengambil resiko
·   Berorientasi ke masa depan
·   Setting dasar komputer (OS)
·   Dengan pembelajaran langsung siswa diajak untuk menghidupkan dan mematikan komputer dengan prosedur yang benar
·   Dengan diskusi siswa memahami tentang BIOS dan OS
·   Dengan bimbingan guru siswa diajak untuk mensetup OS dan BIOS
·   Mendemontrasikan prosedur baku menghidupkan dan mematikan komputer
·   Membedakan OS dan BIOS
·   Menunjukan posisi OS dan Program aplikasi yang terpasang
·   Mendeskripsikan OS yang terpasang
·   Tugas individu
·   Praktek
2
·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer karya Sadiman, S.Pd (Erlangga)
·   Seperangkat LCD
·   LKS
4.2. Melakukan setting peripheral pada operating sistem (OS) komputer
o   Disiplin
o   Kerja keras
o   Kreatif
o   Rasa ingin tahu
o   Cinta Tanah air
o   Menghargai prestasi
o   Bersahabat
o   Cinta damai
o   Gemar membaca
o   Tanggung jawab
o   Percaya diri
o   Berorientasi tugas dan hasil
o   Berani mengambil resiko
o   Berorientasi ke masa depan
·   Setting peripheral
·   Dengan bimbingan guru siswa melakukan setting peripheral printer, monitor, screen saver dan backgraound pada komputer
·   Melakukan setting printer
·   Melakukan setting monitor, resolusi, scren saver dan background
·   Melakukan setting regional
·   Praktek
2
·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer karya sadiman (Erlangga)
4.3. Melakukan manajemen file
o   Disiplin
o   Kerja keras
o   Kreatif
o   Rasa ingin tahu
o   Cinta Tanah air
o   Menghargai prestasi
o   Bersahabat
o   Cinta damai
o   Gemar membaca
o   Tanggung jawab
o   Percaya diri
o   Berorientasi tugas dan hasil
o   Berani mengambil resiko
o   Berorientasi ke masa depan
·   Manajemen file, atau dokumen ke dalam folder
·   Dengan model pembelajaran langsung (guru memberikan contoh dan siswa mepraktekan) siswa diajakn untuk menggunakan menu pull dows, membuat foldel, menggunakan teknik Drop and Drag.
·   Dengan bimbingan guru siswa diajak untuk melakukan perubahan nama file, mengedit dan menyimpan dokumen yang ada
·   Secara bersama-sama siswa mepraktekan cara menformat disekt
·   Setelah guru memberikan contoh cara mencopy dari hard ke CD, siswa diminta untuk mencopy dokumen dari hard disk ke CD atau sebaliknya.
·   Menggunakan menu pull down
·   Membuat folder
·   Menggunakan Drop and Drag
·   Mengenal tipe file
·   Mengganti nama file
·   Memanggil, mengedit dan menyimpan file
·   Memformat disket
·   Menyalin (copy) file dari hard disk / CD ke disket atau sebaliknya
·   Tugas individu
·   Tugas Proyek

4
·   LKS



Standar Kompetensi : 5. Menggunakan Perangkat Lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/Alat
5.1. Menunjukan menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata

·   Disiplin
·   Kerja keras
·   Kreatif
·   Rasa ingin tahu
·   Cinta Tanah air
·   Menghargai prestasi
·   Bersahabat
·   Cinta damai
·   Gemar membaca
·   Tanggung jawab

·   Percaya diri
·   Berorientasi tugas dan hasil
·   Berani mengambil resiko
·   Berorientasi ke masa depan
·   Identifikasi menu dan ikon pada MS. word
·   Siswa diminta untuk mengaktifkan program pengolah kata sesuai dengan prosedur yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·   Dengan menggunakan program pengolah Ms. Word yang sudah aktif, siswa diminta untuk mengidentifikasi bagian-bagian dair lembar kerja pengolah kata MS. Word
·   Guru menjelaskan beberapa menu dan siswa mengikuti dengan mengaktifkan beberap amenu yang sedang dijelaskan oleh guru.
·   Siswa diminta untuk menggunakan beberapa menu yang ada pada pengolah kata Microsodt Word.
·   Mengidentifikasi kegunaan program pengolah kata
·   Mengaktifkan program
·   Mengakses menu pada program pengolah kata
·   Mengidentifikasi menu dan ikon pengolah kata
·   Tugas individu
·   Tugas Proyek
·   Praktek

4
·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer karya Sadiman, S.Pd (Erlangga)
·   Seperangkat LCD
·   LKS
5.2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak
o   Disiplin
o   Kerja keras
o   Kreatif
o   Rasa ingin tahu
o   Cinta Tanah air
o   Menghargai prestasi
o   Bersahabat
o   Cinta damai
o   Gemar membaca
o   Tanggung jawab
o   Percaya diri
o   Berorientasi tugas dan hasil
o   Berani mengambil resiko
o   Berorientasi ke masa depan
·   Menggunakan menu dan ikon pada ms. word
·   Setelah membuat dokumen siswa diminta untuk menyimpan dokumen dengan beberapa metoda seperti menyimpan ulang, menyimpan dengan nama yang baru dan lain-lain
·   Siswa diminta untuk mengatur format halaman sebua dokukumen untuk kuarfo, folio atau A4
·   Siswa diminta untuk memperagakan cara untuk membuat border dan shading, mengubah jenis dan ukuran fond dari LKS yang dibagikan
·   Siswa dimint auntuk membuat indentasi, tabulasi dan mengoperasikan ikon pada pengolah kata
·   Membuat dan menyimpan dokumen baru
·   Mengaktifkan ukuran halaman
·   Mengatur ukuran halaman
·   Mengatur format teks dan spasi paragraf
·   Menggunakan bullet dan numbering
·   Menggunakan border and shading
·   Menggunakan huruf berbagai jenis font dan ukuran
·   Menggunakan identasi
·   Menggunakan menu tabs
·   Mengoperasikan menu dan ikon pada program pengolah kata
·   Tugas individu
·   Tugas Proyek
·   Tugas
6
·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer karya Sadiman, S.Pd (Erlangga)
·   LKS

5.3. Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
o   Disiplin
o   Kerja keras
o   Kreatif
o   Rasa ingin tahu
o   Cinta Tanah air
o   Menghargai prestasi
o   Bersahabat
o   Cinta damai
o   Gemar membaca
o   Tanggung jawab
o   Percaya diri
o   Berorientasi tugas dan hasil
o   Berani mengambil resiko
o   Berorientasi ke masa depan
Membuat Dokumen dengan tael, grafik diagram dan gambar
·   Guru memberikan cara-cara untuk menghapus tabel seperti kolom, baris dan cel dan siswa diminta untuk memperaktekan teknik-teknik yang telah di jelaskan oleh guru
·   Siswa diminta untuk memanipulasi panjang kolom, baris, menggabungkan sel, dan lain-lain
·   Siswa diminta untuk menyisipkan shapes dan dokumen pada LKS yang telah dibagikan

·   Membuat dan menghapus tabel
·   Mengatur border dan shading tabel
·   Menyisipkan baris dan kolom
·   Menghapus baris dan kolom
·   Mengatur lebar baris / kolom
·   Menggabung / merubahkolom
·   Mengoperasikan drawing
·   Menyisipkan gambar
·   Menyisipkan shapes dan dokumen
·   Menggunakan teks books
·   Tugas individu
·   Tugas Proyek
·   Tugas
16
·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer karya Sadiman, S.Pd (Erlangga)
·   LKS

5.4. Membuat mail marge dengan dokumen  pengolah kata
o   Disiplin
o   Kerja keras
o   Kreatif
o   Rasa ingin tahu
o   Cinta Tanah air
o   Menghargai prestasi
o   Bersahabat
o   Cinta damai
o   Gemar membaca
o   Tanggung jawab
o   Percaya diri
o   Berorientasi tugas dan hasil
o   Berani mengambil resiko
o   Berorientasi ke masa depan
·   Membuat surat massal mail merge
·   Melalui contoh, tugas dan latihan siswa diajak untuk membuat dokumen induk, dokumen data dan penggabungan dokumen serta mencetaknya baik dalam dokumen maupun ke printer
Materi Pengayaan
·   Membuat dokumen induk
·   Membuat sumber data
·   Menggabungkan dokumen induk dengan sumber data
·   Mencetak mail marge

·   Tugas mandiri
·   Tesk praktek
4
·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer karya Sadiman, S.Pd (Erlangga)
·   LKS

Sisa jam digunakan untuk ulangan blok, ulangan semester



Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel TIK



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar