SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN(KTSP)
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Nama Sekolah :
___________________________
Mata Pelajaan :
TIK
Alokasi Waktu per Semester : 40 jam
pelajaran
Kelas/Semester :
X/2
Standar Kompetensi :
4. Menggunakan Operasi Dasar System (OS) komputer
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
4.1. Melakukan operasi dasar pada operaing
sistem (OS) komputer
|
· Disiplin
· Kerja keras
· Kreatif
· Rasa ingin tahu
· Cinta Tanah air
· Menghargai prestasi
· Bersahabat
· Cinta damai
· Gemar membaca
· Tanggung jawab
|
· Percaya diri
· Berorientasi tugas dan
hasil
· Berani mengambil resiko
·
Berorientasi ke masa depan
|
· Setting dasar komputer
(OS)
|
· Dengan pembelajaran
langsung siswa diajak untuk menghidupkan dan mematikan komputer dengan
prosedur yang benar
· Dengan diskusi siswa
memahami tentang BIOS dan OS
· Dengan bimbingan guru
siswa diajak untuk mensetup OS dan BIOS
|
· Mendemontrasikan
prosedur baku menghidupkan dan mematikan komputer
· Membedakan OS dan BIOS
· Menunjukan posisi OS
dan Program aplikasi yang terpasang
· Mendeskripsikan OS yang
terpasang
|
· Tugas individu
· Praktek
|
2
|
· Seperangkat komputer
· Buku komputer karya
Sadiman, S.Pd (Erlangga)
· Seperangkat LCD
· LKS
|
4.2. Melakukan setting peripheral pada operating
sistem (OS) komputer
|
o Disiplin
o Kerja keras
o Kreatif
o Rasa ingin tahu
o Cinta Tanah air
o Menghargai prestasi
o Bersahabat
o Cinta damai
o Gemar membaca
o Tanggung jawab
|
o Percaya diri
o Berorientasi tugas dan
hasil
o Berani mengambil resiko
o Berorientasi ke masa
depan
|
· Setting peripheral
|
· Dengan bimbingan guru
siswa melakukan setting peripheral printer, monitor, screen saver dan
backgraound pada komputer
|
· Melakukan setting
printer
· Melakukan setting
monitor, resolusi, scren saver dan background
· Melakukan setting
regional
|
· Praktek
|
2
|
· Seperangkat komputer
· Buku komputer karya
sadiman (Erlangga)
|
4.3. Melakukan manajemen file
|
o Disiplin
o Kerja keras
o Kreatif
o Rasa ingin tahu
o Cinta Tanah air
o Menghargai prestasi
o Bersahabat
o Cinta damai
o Gemar membaca
o Tanggung jawab
|
o Percaya diri
o Berorientasi tugas dan
hasil
o Berani mengambil resiko
o Berorientasi ke masa
depan
|
· Manajemen file, atau
dokumen ke dalam folder
|
· Dengan model
pembelajaran langsung (guru memberikan contoh dan siswa mepraktekan) siswa
diajakn untuk menggunakan menu pull dows, membuat foldel, menggunakan teknik
Drop and Drag.
· Dengan bimbingan guru
siswa diajak untuk melakukan perubahan nama file, mengedit dan menyimpan
dokumen yang ada
· Secara bersama-sama
siswa mepraktekan cara menformat disekt
· Setelah guru memberikan
contoh cara mencopy dari hard ke CD, siswa diminta untuk mencopy dokumen dari
hard disk ke CD atau sebaliknya.
|
· Menggunakan menu pull
down
· Membuat folder
· Menggunakan Drop and
Drag
· Mengenal tipe file
· Mengganti nama file
· Memanggil, mengedit dan
menyimpan file
· Memformat disket
· Menyalin (copy) file
dari hard disk / CD ke disket atau sebaliknya
|
· Tugas individu
· Tugas Proyek
|
4
|
· LKS
|
Standar Kompetensi : 5. Menggunakan Perangkat Lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/Alat
|
5.1. Menunjukan menu dan ikon yang terdapat pada
perangkat lunak pengolah kata
|
· Disiplin
· Kerja keras
· Kreatif
· Rasa ingin tahu
· Cinta Tanah air
· Menghargai prestasi
· Bersahabat
· Cinta damai
· Gemar membaca
· Tanggung jawab
|
· Percaya diri
· Berorientasi tugas dan
hasil
· Berani mengambil resiko
·
Berorientasi ke masa depan
|
· Identifikasi menu dan
ikon pada MS. word
|
· Siswa diminta untuk
mengaktifkan program pengolah kata sesuai dengan prosedur yang telah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
· Dengan menggunakan
program pengolah Ms. Word yang sudah aktif, siswa diminta untuk
mengidentifikasi bagian-bagian dair lembar kerja pengolah kata MS. Word
· Guru menjelaskan
beberapa menu dan siswa mengikuti dengan mengaktifkan beberap amenu yang
sedang dijelaskan oleh guru.
· Siswa diminta untuk
menggunakan beberapa menu yang ada pada pengolah kata Microsodt Word.
|
· Mengidentifikasi
kegunaan program pengolah kata
· Mengaktifkan program
· Mengakses menu pada
program pengolah kata
· Mengidentifikasi menu
dan ikon pengolah kata
|
· Tugas individu
· Tugas Proyek
· Praktek
|
4
|
· Seperangkat komputer
· Buku komputer karya
Sadiman, S.Pd (Erlangga)
· Seperangkat LCD
· LKS
|
5.2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat
pada perangkat lunak
|
o Disiplin
o Kerja keras
o Kreatif
o Rasa ingin tahu
o Cinta Tanah air
o Menghargai prestasi
o Bersahabat
o Cinta damai
o Gemar membaca
o Tanggung jawab
|
o Percaya diri
o Berorientasi tugas dan
hasil
o Berani mengambil resiko
o Berorientasi ke masa
depan
|
· Menggunakan menu dan
ikon pada ms. word
|
· Setelah membuat dokumen
siswa diminta untuk menyimpan dokumen dengan beberapa metoda seperti
menyimpan ulang, menyimpan dengan nama yang baru dan lain-lain
· Siswa diminta untuk
mengatur format halaman sebua dokukumen untuk kuarfo, folio atau A4
· Siswa diminta untuk
memperagakan cara untuk membuat border dan shading, mengubah jenis dan ukuran
fond dari LKS yang dibagikan
· Siswa dimint auntuk
membuat indentasi, tabulasi dan mengoperasikan ikon pada pengolah kata
|
· Membuat dan menyimpan
dokumen baru
·
Mengaktifkan ukuran halaman
· Mengatur ukuran halaman
· Mengatur format teks
dan spasi paragraf
· Menggunakan bullet dan
numbering
· Menggunakan border and
shading
· Menggunakan huruf
berbagai jenis font dan ukuran
· Menggunakan identasi
· Menggunakan menu tabs
· Mengoperasikan menu dan
ikon pada program pengolah kata
|
· Tugas individu
· Tugas Proyek
· Tugas
|
6
|
· Seperangkat komputer
· Buku komputer karya
Sadiman, S.Pd (Erlangga)
· LKS
|
5.3. Membuat dokumen pengolah kata dengan
variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
|
o Disiplin
o Kerja keras
o Kreatif
o Rasa ingin tahu
o Cinta Tanah air
o Menghargai prestasi
o Bersahabat
o Cinta damai
o Gemar membaca
o Tanggung jawab
|
o Percaya diri
o Berorientasi tugas dan
hasil
o Berani mengambil resiko
o Berorientasi ke masa
depan
|
Membuat Dokumen dengan tael, grafik diagram dan gambar
|
· Guru memberikan
cara-cara untuk menghapus tabel seperti kolom, baris dan cel dan siswa
diminta untuk memperaktekan teknik-teknik yang telah di jelaskan oleh guru
· Siswa diminta untuk
memanipulasi panjang kolom, baris, menggabungkan sel, dan lain-lain
· Siswa diminta untuk
menyisipkan shapes dan dokumen pada LKS yang telah dibagikan
|
· Membuat dan menghapus
tabel
· Mengatur border dan
shading tabel
· Menyisipkan baris dan
kolom
· Menghapus baris dan
kolom
· Mengatur lebar baris /
kolom
· Menggabung /
merubahkolom
· Mengoperasikan drawing
· Menyisipkan gambar
· Menyisipkan shapes dan
dokumen
· Menggunakan teks books
|
· Tugas individu
· Tugas Proyek
· Tugas
|
16
|
· Seperangkat komputer
· Buku komputer karya
Sadiman, S.Pd (Erlangga)
· LKS
|
5.4. Membuat mail marge dengan dokumen pengolah kata
|
o Disiplin
o Kerja keras
o Kreatif
o Rasa ingin tahu
o Cinta Tanah air
o Menghargai prestasi
o Bersahabat
o Cinta damai
o Gemar membaca
o Tanggung jawab
|
o Percaya diri
o Berorientasi tugas dan
hasil
o Berani mengambil resiko
o Berorientasi ke masa
depan
|
· Membuat surat massal
mail merge
|
· Melalui contoh, tugas
dan latihan siswa diajak untuk membuat dokumen induk, dokumen data dan
penggabungan dokumen serta mencetaknya baik dalam dokumen maupun ke printer
|
Materi Pengayaan
· Membuat dokumen induk
· Membuat sumber data
· Menggabungkan dokumen
induk dengan sumber data
· Mencetak mail marge
|
· Tugas mandiri
· Tesk praktek
|
4
|
· Seperangkat komputer
· Buku komputer karya
Sadiman, S.Pd (Erlangga)
· LKS
|
Sisa jam digunakan untuk ulangan blok, ulangan
semester
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar