RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA ……………………..
Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : XII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan peerangkat lunak pembuat presentasi.
Kompetensi Dasar :2.1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
Menjelaskan manfaat program presentasi
Mengidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon dalam programpesentasi
Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa mampu :
Menjelaskan manfaat program presentasi
Mengidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon dalam programpesentasi
Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
MATERI AJAR (MATERI POKOK) :
Menu dan ikon aplikasi pembuat presentasi
METODE PEMBELAJARAN :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
Menggali informasi manfaat program presentasi
Menggali informasi berbagai jenis program presentasi
Diskusi kelompok tentang fungsi dan jenis program presentasi
Mencari visualisasi fungsi menu, tools, icon
Menunjukkan beberapa menu, tools dan icon sesuai dengan fungsinya.
Siswa dapat Menjelaskan manfaat program presentasi
Siswa dapat Mengidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon dalam programpesentasi
Siswa dapat Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
A. Kegiatan Awal
Guru memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Menggali informasi manfaat program presentasi
Menggali informasi berbagai jenis program presentasi
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Diskusi kelompok tentang fungsi dan jenis program presentasi
Mencari visualisasi fungsi menu, tools, icon
Menunjukkan beberapa menu, tools dan icon sesuai dengan fungsinya.
Mendemonstrasikan cara menampilkan menu dan ikon
Mendemonstrasikan cara menyembunyikan menu dan ikon
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
Guru menugaskan secara random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah dipelajari hari itu. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan tulisan dengan beberapa kesalahan ketik yang harus diedit oleh siswa untuk dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
PENILAIAN :
Penugasan individu
Uraian Praktik.
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi
Waktu : 4 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.2. Menggunakan menu, ikon yang terdapat pada perangkat lunak pembuat presentasi
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Mendeskripsikan manfaat program presentasi
Mengidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
Pertemuan kesatu (2 jam pelajaran)
Mendeskripsikan manfaat program presentasi Power Point dalam kehidupan sehari-hari
Mengidentifikasi bagian-bagian lembar kerja power point
Mengidentifikasi menu yang ada pada program presentasi Microsoft Power Point
Pertemuan kedua (2 jam pelajaran)
Mengidentifikasi tool menu yang ada pada program Power Point
Mendemontrasikan beberapa fungsi dari tool menu
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Multi Model Pembelajaran (Model Pembelajaran Langsunng, Praktik Model Pembelajaran Kooperatif)
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
2. Modul Pembelajaran Sadiman
3. LKS (Soal Uji Indikator Pencapaian Kompetensi)
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
Mendiskusikan dan mengidentifikasi fungsi masing-masing menu tool dan ikon pada lembar kerja power point
Mampraktekan beberapa fungsi dari menu, tool dan ikon pada lember kerja power point
Siswa dapat Mendeskripsikan manfaat program presentasi
Siswa dapat Mengidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
Menyampaikan kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
Apersepsi tentang presentasi
Motivasi promosi dengan media
B. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (2 jam)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Guru mengajar siswa untuk berdiskusi mengenai media presentasi yang masih banyak digunakan di sekolah seperti Slide film dan OHP
Guru mendemontrasikan melalui layar LCD cara mengaktifkan Power Point
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Guru selalu mengingat siswa agar tidak melakukan aktivitas apapun pada saat proses pengaktifkan power point.
Siswa diajak untuk mengidentifikasi bagian-bagian yang ada pada lembar kerja Power Point
Siswa diajak untuk mengidentifikasi menu-menu, sub menu yang tampil untuk setiap menu dan mencatat beberapa menu, sub menu, menu cascading yang penting dan sering digunakan dalam operasional Power Point
Siswa diminta untuk keluar dari Microsoft Power Point dengan cara yang benar.
Pertemuan Kedua
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Siswa diajak untuk mengaktifkan program Microsoft Power Point
Siswa berdiskusi dengan temanya mengenail tool-tool yang ada, cara untuk menampilkan dan menyembunyikan tool yang ada
Siswa mendemontrasikan beberapa fungsi dari tool menu yang ada, terutama untuk tooll menu yang tidak ada dalam lembar kerja sebelumnya
Siswa diajak untuk mengisi teksbox sederhana
Guru minta agar siswa belajar menyimpan dokumen Power Point dengan metoda yang meraka kuasai
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
G. EVALUASI & PENILAIAN
A. Penilaian Pemahaman Konsep (Kognitif)
(Skor 0 – 100)
1. Apa yang dimaksud lembar presentasi ?
2. Sebutkan dan beberapa program presentasi yang kamu ketahui !
3. Jelaskan apa keunggulan yang dimiliki oleh Microsoft Power Point !
4. Sebutlkan dan jelaskan menu-menu yang dimiliki oleh Microsoft Power Point !
5. Jelaskan syarat-syarat lembar presentasi yang baik !
6. Jelaskan nama dan fungsi dari tool menu berikut ini
A.
B.
C.
B. Penilaian Praktik (Psikomotorik)
Meliputi :
- Keterampilan mengaktifkan dan menonaktikan MS. Power Point (1 – 20)
- Keterampilan menampilkan sub menu secara lengkap (1 – 20)
- Kemampuan mengidentifikasi dan menggunakan menu (1 – 20)
- Kemampuan mengidentifikasi dan menggunakan tool menu (1 – 20)
- Kemampuan menyimpan dengan menu dan tool menu (1 – 20)
C. Penilaian Afektif (Sikap)
Meliputi :
Kehadiran di kelas ketepatan kehadiran di kelas dengan rentang (1 – 4)
Ketepatan waktu pengumpulan tugas (1-4)
Frekuensi menjawab soal (menunjuk jari, maju, mengkomentari jawaban teman) (1-4)
Sikap yang ditunjukan pada saat praktek (1 – 4)
Kerjasama dengan anggota kelompok atau dengan teman di dekatnya pada saat menyelesaikan masalah (1 – 4)
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi
Waktu : 4 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.2. Menggunakan menu, ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Membuat presetansi dengan templete dan wizard
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
Membuat lembar presentasi dengan menggunakan templete yang ada
Membuat lembar presentasi dengan menggunakan wizard
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
E. SUMBER BELAJAR
Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
Seperangkat computer beserta dengan tempat duduknya
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
Mendemontrasikan cara membuat slide dengan Wizard
Siswa dapat Mendeskripsikan manfaat program presentasi
Siswa dapat Membuat lembar presentasi dengan Wizard
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
Menyampaikan kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
Apersepsi
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Pertemuan Ke-1 (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Siswa dibimbing secara STEP BY STEP untuk membuar lembar presentasi dengan menggunakan format yang sudah ada (templete)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Guru membagian lembar Kerja siswa (LKS)
Siswa mengerjakan LKS dengan dipandu oleh guru mata pelajaran
Guru memberikan pengarahan kepada siswa yang masih menemui kendala dalam mengerjakan LKS
Pertemuan Ke-2 ( 2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Guru mendemontrasikan langkah demi langkah untuk memformat latar belakang atau background lembar kerja presentasi
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Guru membagian lembar Kerja siswa (LKS)
Siswa mengerjakan LKS dengan dipandu oleh guru mata pelajaran
Guru memberikan pengarahan kepada siswa yang masih menemui kendala dalam mengerjakan LKS
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
VI. EVALUASI PSIKOMOTORIK
Penilaian kepada siswa di lakukan meliputi LKS yang dibagikan :
1. Kecepatan mengerjakan LKS
2. Kerapihan pekerjaan
3. Kemampuan membuat dan mengubah kolom
4. Kemampuan menyimpan file
Lembar Kerja Siswa 1
Petunjuk Pengerjaan soal
1. Kerjakan lembar kerja atau slide di atas sesuai dengan urutan
2. format background sesuai dengan tampilan
3. Simpan lembar presentasi dengan nama Presentasi 1
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi
Waktu : 4 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.2. Menggunakan menu, ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Membuat lembar presentasi dengan Wizard.
Mengatur Layout presentasi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat
Membuat lembar presentasi dengan menggunakan Wizard
Mengatur Layout Presentasi
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Multi model, model pembelajaran langsung dengan model kooperatif
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, SPd
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
Mendemontrasikan cara membuat slide dengan Wizard
Siswa dapat Membuat lembar presentasi dengan Wizard
Siswa dapat Mengatur Layout presentasi
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
Menyampaikan kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
Apersepsi cara presentasi didepan umum
Motivasi menampilkan beberap slide dengan tampilan yang menarik
B. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 ( 2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Guru menjelaskan secara langkah demi langkah untuk membuat lembar presentasi dengan menggunakan Wizard
Guru mengecek pemahaman dasar siswa
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Guru membagikan tugas berupa Lembar Kerja Siswa (LKS)
Siswa mempraktekan dengan LKS yang telah dibagikan guru TIK dengan teknik STEP BY STEP seperti yang ada pada buku pegangan siswa
Pertemuan ke-2 (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Guru memberikan contoh cara untuk mengatur lembar kerja power point dengan wizard
Guru mendemontrasikan cara untuk mengubah Layout seperti latar belakang seperti warna dan gambar yang digunakan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Siswa mempraktekan LKS yang dibagikan guru TIK dengan teknik STEP BY STEP
Guru mengecek pemahaman siswa tentang kemampuan siswa membuat lembar kerja dengan menggunakan wizard
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Guru memberikan tugas rumah membaca buku untuk merangkum materi untuk minggu yang akan datang
G. EVALUASI
Penilaian kepada siswa di lakukan meliputi LKS yang dibagikan :
1. Kecepatan mengerjakan LKS
2. Ketepatan dalam memilih jenis huruf, memiringkan huruf, menebalkan huruf, menggarisbarwahi
3. Ketepatan membuat latar belakang
4. Ketepatan
5. Ketepatan
6. Ketepatan
Lembar Kerja 2
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi
Waktu : 6 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.2. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Mengatur format teks
Mengatur efek transisi
Menentukan durasi presentasi
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
1. Mengatur teks dengan beberapa variasi
2. Mengatur efek transisi antar slide
3. Menentukan durasi lembar presentasi tampil di layar
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
2. Seperangkat computer lengkap
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
Mempraktekan format teks, mengatur efek transisi dan durasi presentasi
Siswa dapat Mengatur format teks
Siswa dapat Mengatur efek transisi
Siswa dapat Menentukan durasi presentasi
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
1. Menyampaikan kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
2. Apersepsi
3. Motivasi
B. Kegiatan Inti
Pertemuan Ke-1
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Guru membimbing siswa untuk membuat teks dengan teknik COPY, PASTE, CUT
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Siswa mempraktekan secara STEP BY STEP yang telah dibimbimkan guru
Guru memberikan latihan agar pemahaman dan keterampilan terus meningkat
Pertemuan Ke-2
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Guru mengajarkan langkah demi langkah cara untuk memberikan efek transisi pada slide yang tampil dan telah dibuat pada pertemuan sebelumnya
Siswa mengerjakan latihan yang diberikan guru agar keterampilan membuat efek transisi terus mengalami peringkatan.
Guru mengadakan latihan lebih lanjut bagi anak-anak yang mempunyai kemampuan lebih, dan memberikan bimbingan lebih intensif pada anak-anak yang masih mengalami kendala.
Pertemuan Ke-3
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Guru memberikan langkah-langkah untuk memberikan durasi dari slid atau lembaran presentasi
Guru menginformasikan keunggulan pada slide yang diberi slide presentasi antara lain ketepatan waktu dalam menayangkan lembaran presentasi.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
1. Guru memberikan latihan lebih lanjut dari buku pegangan siswa atau sumber lain bagi siswa yang mempunyak kemampuan lebih.
2. Guru memberikan bimbingan lebih intensif kepada siswa yang mengalami kendala dalam menjalankan operasional ini.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. .
Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini.
Guru memberikan tugas rumah (PR).
III. EVALUASI PSIKOMOTORIK
Lembar Kerja Siswa 1
Kerjakan lembar presentasi dengan latar sepreti gambar di atas, berikan durasi tampilan masing-masing sehingga dapat tampil dalam waktu tertentu
Lembar Kerja Siswa
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
Petunjuk
1. Bukalah dokumen yang pernah dibuat pada pertemuan sebalumnya
2. Ubahlah latar belakangnya sehingga berubah menjadi gambar seperti atas
3. Berilah durasi pada setiap slide
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.3 Membuat presentasi teks variasi tabel grafik, gambar dan diagram
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Menyisipkan obyek berupa picture
C. TUJUAN PEMBALAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
Menyisipkan obyek ke dalam lembar kerja
Mengadakan perubahan, bentuk dan ukuran lembar yang bersangkutan
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
2. Seperangkat komputer lengkap
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
Mempraktekan cara menyisipkan picture
Siswa dapat Menyisipkan obyek berupa picture
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
Menyampaikan kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
Apersepsi
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Guru mendemotrasikan cara untuk menyisipkan obyek, siswa menyimak apa-apa yang dilakukan guru mata pelajaran TIK
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Siswa dibimbing dalam penyisipan obyek ke dalam lembar kerja Microsoft Power Point
Siswa memberikan bimbingan lebih intensif kepada siswa yang masih menemui kendala dalam penyisipan obyek dan mengatur ukurannya
Guru memberikan latihan secara menyeluruh
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Siswa diminta untuk membuatan rangkuman buku untuk materi berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
G. EVALUASI PSIKOMOTORIK
Berdasarkan LKS yang tersedia (terlampir, setiap point di beri skor 1 – 10)
1. Keterampilan siswa untuk menggunakan modus Clip Art
2. Keterampilan siswa untuk menyisipkan Clip Art
3. Keterampilan siswa untuk mengadakan ukuran terhadap gambar
4. keterampilan siswa untuk memodifikasi gambar yang disisipkan
5. Keterampilan dan kecepatan siswa dalam mengetik
6. Keterampilan siswa menggunakan fungsi tombol yang telah dipelajari
7. Kerapilhan hasil kerja
8. Kecepatan mengerjakan secara keseluruhan
9. Ketepatan hasil kerja dengan teks LKS
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak program presentasi
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.3. Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Menyisipkan diagram
C. TUJUAN PEMBALARAJAN
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat
1. Menampilkan dokumen di layar dengan perintah Print Priview
2. Mencetak Worsheet
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya SAdiman, S.Pd
2. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
3. LKS karya Sadiman, S.Pd
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
Mempraktekan cara menyisipkan diagram
Siswa dapat Menyisipakn diagram
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
Menyampaikan kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
Apersepsi
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Guru memberikan contoh secara STEP BY STEP mengenai cara untuk menyisipkan diagram
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Siswa mempraktekan cara untuk menyisipkan diagram organization chart
Siswa memperaktekan cara untuk memodidifikasi diagram organizatioan chart dengan bimbingan guru mata pelajaran di kelas
Guru memberikan latihan agar siswa lebih memahami tentang membuat organizatian chart
Guru memberikan contoh cara untuk menyisipkan digaram putar di dalam dokumen, diagram piramida di dalam dokumen dan cara memodifisikasinya
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Siswa diminta untuk membuatan rangkuman buku untuk materi berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Guru memberikan tugas rumah (PR). (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
G. EVALUASI PEMAHAMAN KONSEP
Penilaian Psikomotorik
Penilaian dilakukan sesuai dengan LKS yang tersedia karya Sadiman, S.Pd
SUSUNAN PENGURUS PENGGERAK PEMBANGUNAN
MASYARAKAT DAERAH TERTINGGAL
2008
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII/ Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi
Waktu : 4 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.3. Membuat presentasi dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Menyisipkan chart
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat
Menyisipkan chart dan memodikasinya
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
2. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
Mempraktekan cara menyisipkan Chart
Siswa dapat Menyisipkan Chart
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
Menyampaikan kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
Apersepsi
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Guru menjelaskan dan memberi contoh cara untuk menyisipkan Chart (grafik) secara step by step
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Siswa diberikan latihan berupa soal sehingga dapat membuat, mengadakan perubahan terhadap chart yang tampil di lembar kerja presentasi.
Guru memberikan latihan lebih lanjut agar pemahaman siswa mengenai cara membuat chart meningkat, dan memberikan bimbingan intensif kepada siswa yang masih mengalami kendala.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Guru memberikan tugas rumah (PR). (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
G. EVALUASI PSIKOMOTORIK
Tugas Proyek
Carilah di majalah, buku atau sumber yang lainnya mengenai chart atau grafik, serahkan kepada guru tik disekolah. Kerjakan tugas ini dalam Microsoft Power Point
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi
Waktu : 4 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.3. Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Menyisipkan Word Art
Menyisipkan Audio
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
Menyisipkan Word Art atu huruf seni ke dalam lembar kerja Power Point
Menyisipkan Audio ke dalam lembar kerja Power Point
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Sadiman, S.Pd
2. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
3. LCD Proyektor
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
Mempratekan cara menyisipkan Word Art
Siswa dapat Menyisipkan Word Art
Siswa dapat Menyisipkan audio
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
Menyampaikan kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
Apersepsi
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Guru menjelaskan mengenai Word Art
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Guru membimbing siswa mengenai cara untuk membuat Word Art Secara STEP BY STEP
Guru memberikan soal tambahan bagi siswa yang mempunyai kemampuan lebih
Siswa yang mempunyai kemampuan kurang diberikan bimbingan yang intensif akan pemahaman tentang materi ini setara dengan siswa yang lain
Pertemuan Ke-1 (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Guru membimbing siswa untuk mengadakan penyisipan audio ke dalam lembar kerja Power Point
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Siswa diberikan latihan lebih lanjut mengenai penyisipan audio ke lembar kerja
Siswa yang mempunyai kemampuan lebih diberikan pengayaan
Siswa yang mempunyai kemampuan kurang diberi bimbingan dan perhatian lebih intensif
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Guru memberikan tugas rumah (PR). (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
G. EVALUASI
1. Soal latihan diberikan dengan membuka dokumen-dokumen sebelumnya dan memberi efek audio sampai siswa dapat menerapkan pada semua dokumen
Penilian dilakukan dengan melihat
2. Keterampilan siswa menyisipkan word Art
3. Keterampilan siswa menggunakan dialog Word Art
4. Keterampilan siswa untuk mengadakan perubahana terhadap word Art
5. Keterampilan siswa mengaplikasikan Word Art dalam dokumen
6. Ketermpilan siswa dalam menyisipkan audio
7. Ketepatan dalam memilih audio untuk penyisipan
8. Kecepatan dan kecermatan kerja
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI I/ Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak program presentasi
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.3. Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Mengatur efek transisi
Menentukan durasi lembar presentasi
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
Menyisipkan slide transision
Menyisipkan custom animation
Menentukan durasi presentasi
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
2. Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd
3. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
4. Seperangkat LCD
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
Semua praktek dilakukan dengan dibimbinng oleh guru
Siswa dapat Mengatur efek transisi
Siswa dapat Menentukan durasi presentasi
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
Menyampaikan kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
Apersepsi
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Guru memberikan bimbingan cara untuk mengatur slide transision
Guru memberikan bimbingan cara untuk mengatur custon animation
Guru memberikan bimbingan cara untuk menentukan durasi prenstasi
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Siswa mempraktekan secara STEP BY STEP cara untuk mengatur slide transision
Siswa mempraktekan secara STEP BY STEP cara untuk mengatur custom animation
Siswa mempraktekan secara STEP BY STEP cara untuk mengatur durasi presentasi
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Guru memberikan tugas rumah (PR). (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
G. EVALUASI
1. (Siswa diminta untuk mengarjkan UJI INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI pada bab yang bersangkutan)
2. Penilaian yang diberikan meliputi
Keterampilan siswa dalam membuat slide transision (1 – 10)
Keterampilan siswa dalam membuat custom animation (1 – 10)
Keterampilan siswa dlam mengatur durasi presentasi (1 – 10)
Soal Psikomotorik
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat lunak pembuar presentasi
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.3. Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Menggabungkan dokumen presentasi dengan hyperlink
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
Meggabungkan dokumen presentasi dengan metoda hyperlink
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga
2. Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Yayasan Phesdia Palembang
3. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
Semua praktek dilakukan dengan dibimbinng oleh guru
Siswa dapat Menggabungkan dokumen presentasi dengan hyperlink
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
Menyampaikan kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
Apersepsi
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Guru memberikan gambaran sekilas mengenai hyperlink
Guru memberikan contoh cara membuat hyperlink
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Siswa mengerjakan beberapa contoh hyperlink
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Guru memberikan tugas rumah (PR). (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
G. EVALUASI PSIKOMOTORIK
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / Genap
Standar Kompetensi : Membuat dokumen dengan perangkat lunak pembuat presentasi
Waktu : 4 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA ________________
A. KOMPETENSI DASAR
2.3. Membuat presentasi teks dengan variasi table, gambar dan diagram
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Membuat presentasi dengan melibatkan dokumen lain
2. Mecetak slide sebagai handout
3. Menggunakan navigasi
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah Proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
Pertemuan ke-1 ( 2 jam pelajaran)
1. Mengatur urutan slide
2. membuat navigasi
3. menyusun bahan presentasi yang melibatkan dokumen lain
Pertemuan ke-2 (2 jam pelajaran)
4. mencetak slide sebagai Hand Out
5. Melakukan packing / Publising
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya sadiman, S.Pd
2. Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd
3. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
4. Lembar Kerja Siswa
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
Mempratekan cara mencetak handout
Siswa dapat Menggunakan navigasi
Siswa dapat Membuat presentasi dengan melibatkan dokumen lain
Siswa dapat Mencetak slide sebagai handout
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
Menyampaikan kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
Apersepsi
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Guru membimbing langkah demi cara untuk membuat navigasi
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Guru membimbing langkah demi langkah untuk membuat presentasi yang melibatkan dokumen dari tempat lain
Guru memberikan bimbingan cara untuk mencetak lembar presentasi dalam bentuk handout
Pertemuan ke-2 ( 2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Siswa mempraktekan cara untuk mencetak handout
Guru memberikan langkah-langkah cara untuk mempublis halaman presentasi
Siswa mempublish lembar kerja presentasi dan mengeceknya dalam internet explorer
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
Guru memberikan tugas rumah (PR). (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
G. EVALUASI
1. Tanpa melihat buku, lengkapi tabel berikut ini:
Gambar Tombol
Nama Tombol
Fungsi
2. Buatlah tombol aksi seperti pada tampilan slide berikut ini
3. Buatlah data berikut dalam dalam MS. Excel
Simpan dengan nama tabel-1, buat grafik dengan tabel diatas dengan jenis grafik bar mendatar dan bar tegak. Beri judul grafik ”Grafik Perkembangan Ulangan TIK”
a. Lengkapi tabel berikut ini, tanpa melihat buku ataupun catatan
Nama Icon
Fungsi dan Kegunaan
Import File
View Datasheet
By Row
By Kolom
Data Tabel
Chart Tipe
Line Axis
Line Y-xis
Legend
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
- Home
- Health
- ICT
- Perangkat Pembelajaran TIK
- Prota TIK Kls X Smstr 1
- Prota TIK Kls X Smstr 2
- Prosem TIK Kls X Smstr 1
- Prosem TIK Kls X Smstr 2
- Silabus TIK Kls X Smstr 1
- Silabus TIK Kls X Smstr 2
- RPP TIK Kls X Smstr 1
- RPP TIK Kls X Smstr 2
- Prota TIK Kls XI Smstr 1
- Prota TIK Kls XI Smstr 2
- Prosem TIK Kls XI Smstr 1
- Prosem TIK Kls XI Smstr 2
- SilabusTIK Kls XI Smstr 1
- Silabus TIK Kls XI Smstr 2
- RPP TIK Kls XI Smstr 1
- RPP TIK Kls XI Smstr 2
- Prota TIK Kls XII Smstr 1
- Prota TIK Kls XII Smstr 2
- Prosem TIK Kls XII Smstr 1
- Prosem TIK Kls XII Smstr 2
- Silabus TIK Kls XII Smstr 1
- Silabus TIK Kls XII Smstr 2
- RPP TIK Kls XII Smstr 1
- RPP TIK Kls XII Smstr 2
- HTML
- Inkscape
- Kdenlive
- CSS
- Pengertian Gambar Animasi
- Vektor dan Bitmap
- The Effects Of Using ICT
- Types and Component ICT
- Pengantar Fotografi
- Perangkat Pembelajaran TIK
- About Us
- Contact Us