RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP) 1
Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : 10 / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Menggunakan Operating Sistem (OS)
komputer
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : ________________
A. KOMPETENSI DASAR
4.1. Melakukan operasi dasar pada Operating sistem (OS) komputer
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Mendemontrasikan prosedur baku menghidupan dan mematikan computer
2. Membedakan OS dan BIOS
3.
Menunjukan posisi OS dan BIOS
4. Mendeskripsikan OS yang terpasang
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
belajar mengajar siswa diharapakan dapat:
1. Membedakan OS dan BIOS
2. Menjalankan setup BIOS
3. Mengidentifikasi cara OS bekerja
4. Menjalan prosedur baku menghidupkan dan
mematikan komputer
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke
masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran
langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
2. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Melakukan operasi dasar pada operaing
sistem (OS) komputer
|
· siswa diajak untuk menghidupkan dan
mematikan komputer dengan prosedur yang benar
· Dengan diskusi siswa memahami tentang
BIOS dan OS
· guru siswa diajak untuk mensetup OS dan
BIOS
|
· Siswa dapat Mendemontrasikan prosedur
baku menghidupkan dan mematikan komputer
· Siswa dapat Membedakan OS dan BIOS
· Siswa dapat Menunjukan posisi OS dan
Program aplikasi yang terpasang
· Siswa dapat Mendeskripsikan OS yang
terpasang
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
·
Menyampaikan
kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
·
Apersepsi
tentang cara orang berbicara dari dua bangsa yang memiliki bahasa berbeda
·
Motivasi cara penerjemahan dari bahasa mesin ke bahasa manusia atau
sebaliknya
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
menginformasikan prosedur awal menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar
·
Guru
menginformasikan akibat dari menghidupkan atau mematikan yang tidak benar
·
Guru
menginformasikan fungsi dari Operating
system sebagai pengatur disk drive,
hardisk, Cd/DVD, keyboard, monitor, mouse, printer dan sebagainya
·
Guru
menjelaskan bahwa BIOS adalah
himpunan program yang berfungsi mentransfer sistem informasi dengan hardware
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Guru
memperagakan cara mengubah BIOS dan menyimpannya
·
Siswa
diminta untuk mengikuti apa dilakukan guru
·
Guru
menjelaskan bagian-bagian tampilan awal komputer (DEFAULT) mulai dari Wallpaper,
Icon-icon Shortcut, TaskBar, Partern, Screensever
·
Guru
memperagakan fungsi dari START
·
Guru
memperagakan fungsi klik mouse kanan
·
Guru
menperagakan cara menampilkan folder Windows
Exprorer
·
Guru
memperagakan cara mengelola file-file data dengan membuat folder dari under my dokumen
·
Guru
membimbing siswa untuk menampilkan folder-folder dalam program dan siswa
diminta untuk mencermati susunan folder
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Penutup
· Guru mengevaluasi dengan memberikan
pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
· Siswa diminta untuk membuatan rangkuman
dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru memberikan tugas rumah
(PR). (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
G. PENILAIAN
·
Untuk
menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan
seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 – 100
1.
Apa yang
dimaksud dengan BIOS dan bagaimana cara mengoperasikannya supaya muncul di
layar !
2.
Apa
yang dimaksud dengan Operasi Sistem dan jelaskan file-file yang terlihat dalam
operasi ini ?
3.
Setelah
komputer dihidupkan muncul Non-Sistem
Disk Or Disk Error, apa artinya dan penyebabnya ?
4.
Apa
maksud dari Bad Or Missing Interpreter
?
5.
Tanpa
melihat buku, tuliskan prosedur untuk menghidupkan dan mematikan komputer
dengan benar !
·
Untuk
penilaian kerja dilihat dari hasil diskusi setiap kelompok
Kelompok : -
Nama anggota : 1. ______________ 3.
_______________ 5. ______________
2. ______________ 4. _______________
No
|
Bidang Penilaian
|
Skor
|
|||
Sangat Baik
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
||
1
|
Kerjasama kelompok
|
|
|
|
|
2
|
Mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
4
|
Menjawab pertanyaan dengan benar
|
|
|
|
|
5
|
Penyebararan partisipasi
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
Kriteria
Sangat baik >= 12 kali konversi nilai >90
Baik >= 8 kali konversi
nilai 90 – 80
Cukup >= 6 kali konversi
nilai 80 – 70
Kurang < 6
kali konversi nilai 40 -
60
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP) 3
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : 10 / 2
Standar Kompetensi : Melakukan setting peropheral pada system
operasional (operating system) komputer
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : ________________
A. KOMPETENSI DASAR
4.2. Melakukan setting
peripheral
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Melakukang setting printer
2. Melakukan setting monitor, resolusi, secreen sever dan blakground
3. Melakukan setting regional
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
belajar mengajar diharapkan siswa dapat:
1. melakukan setting printer yang terpasang
di komputer
2. melakukukan setting monitor,
3. melakukan setting tanggal, bulan, waktu
sesuai dengan format Indonesia
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke
masa depan
D. MATERI PEMBELAJARAN
Setting peripheral
Peripheral komputer merupakan peralatan
tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan – keperluan lain. Misalnya
koneksi jaringan, mencetak, atau mengambil gambar. Peripheral tersebut meliputi
Printer, Scanner, Modem, Network Card, dan lain sebagainya. Instalasi
peripheral meliputi instalasi secara fisik dan instalasi secara software.
Instalasi fisik meliputi pemasangan peripheral dengan baik dan benar, dan
instalasi software meliputi pengenalan peripheral terhadap sistem operasi yaitu
dengan menginstall driver yang dibutuhkan.
1) Printer
Printer merupakan komponen output yang digolongkan sebagai Hard Copy Device. Yaitu merupakan alat yang digunakan untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik tulisan maupun grafik secara langsung dengan menggunakan media kertas ataupun yang lainnya.
Ada tiga jenis printer yang beredar dipasaran.
Printer Dot Matrik merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakannya.
Ink Jet menggunakan tinta.
Laser jet menggunakan serbuk laser.
Menurut konektor printer ada dua macam yaitu melalui konektor Paralel Port dan USB Port.
Langkah – langkah instalasi printer :
1) Printer
Printer merupakan komponen output yang digolongkan sebagai Hard Copy Device. Yaitu merupakan alat yang digunakan untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik tulisan maupun grafik secara langsung dengan menggunakan media kertas ataupun yang lainnya.
Ada tiga jenis printer yang beredar dipasaran.
Printer Dot Matrik merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakannya.
Ink Jet menggunakan tinta.
Laser jet menggunakan serbuk laser.
Menurut konektor printer ada dua macam yaitu melalui konektor Paralel Port dan USB Port.
Langkah – langkah instalasi printer :
§ Tancapkan kabel printer pada printer dan konektor parallel port
male/konektor USB port pada komputer dengan benar.
§ Pastikan catridge printer sudah terpasang dengan benar.
§ Hubungkan printer ke jala-jalla listrik
§ Dan pastikan ada ativitas dalam printer tersebut (catrigde
bergerak).
§ Sampai langkah ini instalasi peripheral secar fisik sudah selesai
§ Selanjutnya tinggal instalasi untuk software yaitu pemasangan
driver.
Pada instalasi driver, biasanya pada sistem operasi Windows XP akan secara otomatis menjalankan file instalasi driver tersebut. Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :
Pada instalasi driver, biasanya pada sistem operasi Windows XP akan secara otomatis menjalankan file instalasi driver tersebut. Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :
§ Masukan CD Driver bawaan printer tersebut, dalam praktek kali ini
printer yang akan diinstal adalah printer Canon BJC-2100.
§ Setelah CD dimasukan, Windows akan secara otomatis menjalankan file
eksekusi dan akan muncul kotak dialog
§ Setelah itu tekan tombol Next, untuk konfirmasi bahwa Anda akan
menginstall driver tersebut. Dan setelah itu akan muncul kotak dialog.
§ Klik tombol Start, untuk memulai proses instalasi dengan memilih
option Printer Driver.
§ Setelah proses peng-copy-an file selesai, akan muncul kotak dialog
seperti gambar di bawah ini.
§ Untuk selanjutnya tekan tombol Manual Selection untuk memilih port
yang akan digunakan. Dan setelah itu akan muncul kotak dialog
§ Setelah pemilihan port selesai, tekan tombol Next dan proses
instalasi akan selesai dan printer siap digunakan.
2) Scanner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi, scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.
Scanner berukuran pena dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons.
Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk pula, Di antaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX dan masih banyak lagi. Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya.
Proses instalasi driver scaner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi, scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.
Scanner berukuran pena dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons.
Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk pula, Di antaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX dan masih banyak lagi. Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya.
Proses instalasi driver scaner
- Masukan CD Driver
Scaner tersebut, dalam hal ini Scaner yang akan dicontohkan adalah Scanner
CanoScan 3200/3200F.
- Langkah selanjutnya
memilih bahasa yang akan digunakan dalam proses instalasi.
- Selanjutnya adalah
memilih software yang diinstall dalam hal ini software untuk mengambil gambar
yang diambil oleh Scaner.
- Setelah muncul kotak
dialog seperti gambar di atas dan pilih Install the Software, maka akan muncul
kotak dialog
- Pada kotak dialog
tersebut, pengguna dapat memilih software yang akan diinstall dan software yang
tidak akan diinstall. Kemudian klik tombol Start Instalation.
- Setelah itu tinggal
mengikuti konfirmasi yang ditampilkan. Dan setelah selesai proses instalasi,
Scaner siap digunakan.
3) Modem
Modem merupakan salah satu perangkat komputer untuk perantara komputer dengan saluran telphone agar data berhubungan Internet Service Provider (ISP).
Modem ada dua macam, yaitu modem internal dan modem external. Modem internal yaitu modem yang pasang di dalam motherboard dalam bentuk kartu. Teknik pemasangannya sama seperti kartu – kartu lain pada umumnya. Sedangkan modem external adalah yang dapat dipasang dan dilepas sewaktu – waktu.
Modem merupakan salah satu perangkat komputer untuk perantara komputer dengan saluran telphone agar data berhubungan Internet Service Provider (ISP).
Modem ada dua macam, yaitu modem internal dan modem external. Modem internal yaitu modem yang pasang di dalam motherboard dalam bentuk kartu. Teknik pemasangannya sama seperti kartu – kartu lain pada umumnya. Sedangkan modem external adalah yang dapat dipasang dan dilepas sewaktu – waktu.
E. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran kooperatif
F. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
2. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Melakukan setting peripheral pada
operating sistem (OS) komputer
|
· Dengan bimbingan guru siswa melakukan
setting peripheral printer, monitor, screen saver dan backgraound pada
komputer
|
· Siswa dapat Melakukan setting printer
· Siswa dapat Melakukan setting monitor,
resolusi, scren saver dan background
· Siswa dapat Melakukan setting regional
|
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.Pendahuluan
1.
Menyampaikan kompetensi dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
2.
Apersepsi
3.
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
mendemontrasikan cara mengaktifkan Control Panel
·
Melalui
Control Panel guru membimbing siswa cara mensetting printer dari Add Printer
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Guru menginformasikan kepada siswa untuk
menginstal produk printer yang tidak tersedia di dalam ADD Printer
·
Guru
membimbing siswa cara mensetting monitor
·
Guru
mendemontrasikan cara mensetting regional
·
Siswa
mengikuti dan mengulangi apa-apa yang telah dilakukan guru
·
Siswa
diberi beberapa masalah dalam setting yang ada pada Control Panel
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru
memberikan tugas rumah (PR). (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
H. PENILAIAN
Pemahaman
Konsep (dengan memberi skor 0 s/d 100)
1. Dalam mengoperasikan computer prosedur awal
adalah menghidupkan dan sebagai penutup adalah mematikan, bagaimana prosedur
keduanya jelaskan !
2. Apa yang dimaksud
dengan OS dan BIOS
3. Apa tipe file
dokumen MS.Excel, MS.Word dan Power Point
4. Bagaimana prosedur
pengkopian seluruh isi Folder animasi ke dalam Folder DoGER
5. Bagimana caranya
mengubah file COMANDO.DOK menjadi LINDUNGI.DOK
6. Apa maksud dari Setting regional
Test Kemampaun Praktek
7. Copylah semua file
yang berakhiran DOK ke dalam disket kamu
8. Buatlah secren
sever dengan nama kamu yang tampil secara acak di monitor computer
9. Bukalah file JELANG yang pernah kamu buka,
simpan dengan nama yang baru PULANG
10. Bagaimana untuk membuat setting regional
11. Buatlah Folder GEOGRAFI dari My dokumen
Soal Ulangan Blok Ke-1
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi Nama :
Kompetensi Dasar : 4.1, 4.2 dan 4.3 Kelas :
Kelas / Semester : 10 / Ganjil Nilai : KD. 4.1 =
Hari / Tanggal : :
KD. 4.2 =
:
KD. 4.3 =
Tanda
Tangan Orang Tua
Pentunjuk : 1. Kerjakan dengan teliti dan hati-hati !
2.
Jawablah dan Lengkap dan Jelas !
Bagian
I Soal Teori
- Tuliskan dengan lengkap prosedur menghidupkan dan mematikan computer dengan benar
- Apa fungsi dari OS dan BIOS
- Bagaimana prosedur untuk membuat folder INITIAL dari sub My Dokumen
- Sebutkan bagian-bagian dari tampilan DEFAULT
- Bagimana cara menggunakan menu pull down
- Apa maksud dari setting regional
- Bagaimana prosedur memformat disket
- Apa cirri dari file dokumen MS.Word, MS.Excel, Ms.Power Point
- Bagaimana prosedur untuk mengkopi semua file yang berakhiran DOK ke dalam disket
- Bagaimana prosedur untuk mengganti nama dokumen LAYANG-1.DOK menjadi INTER.DOK
Soal Bagian
II Praktek
Petunjuk : 1.
Duduklah dengan urut sesuai nomor absent
2. Penilaian dilakukan dengan dua tahap yaitu
penilaian langsung dan penilaian
terhadap hasil di komputer
- Buatlah folder nama kamu
- Buatlah Folder INITIAL dari sub My dokumen
- Copylah semua dokumen yang ada di My dokumen Excel ke dalam folder INITIAL, dengan menggunakan metode DRAG and DROP
- Ganti nama dokumen LAYANG-1 menjadi INTER
- Copilah semua dokumen yang ada pada folder INITIAL ke dalam disket kamu
- Aktifkan Disketmu
- Hapus dokumen INTER yang ada di dalam disket
- Buatlah sebuah sceensever nama dan kelas kamu, yang tampil 1 menit setelah computer tidak digunakan dengan tampilan Random
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP) 2
Mata Pelajaran : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas / Semester : 10 / 2 (dua)
Standar Kompetensi :
Menggunakan Operating sistem komputer
Waktu : 4 x 45 menit
Satuan Pendidikan : ________________
A. KOMPETENSI DASAR
4.2. Melakukan Manajemen
File
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menggunakan Menu PulDown
2. Membuat Folder Folder
3. Menggunakan DRAG and DROP
4. Mengenal Type File
5. Mengganti nama file
6. Memanggil, mengedit dan menyimpan file
7. Memformat disket
8. Menyalin (copi) dari hard disk ke disket
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
belajar mengajar siswa diharapkan dapat:
Pertemuan
ke-1 (2 jam pelajaran)
1.
menggunakan
menu pull down untuk operasional program
2.
membuat
folder pada sub direktory atau direktori tertentu
3.
Menggunda
metoda seret dan rekatkan (Drag and Drop)
Pertemuan
ke-2 (2 jam pelajaran)
1.
Mengidentifikasi
file-file word, excel, power point
2.
Mengaktfiksn
domumen dan mengedit serta menyimpan baik ke hardis atau ke disket
3.
Menyalin
dokumen dokumen dari hardisk ke disket atau sebalinya
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke
masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya
Sadiman, S.Pd
2. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Melakukan manajemen file
|
· Dengan model pembelajaran langsung (guru
memberikan contoh dan siswa mepraktekan) siswa diajakn untuk menggunakan menu
pull dows, membuat foldel, menggunakan teknik Drop and Drag.
· Dengan bimbingan guru siswa diajak untuk
melakukan perubahan nama file, mengedit dan menyimpan dokumen yang ada
· Secara bersama-sama siswa mepraktekan
cara menformat disekt
· Setelah guru memberikan contoh cara
mencopy dari hard ke CD, siswa diminta untuk mencopy dokumen dari hard disk
ke CD atau sebaliknya
|
· Siswa dapat Menggunakan menu pull down
· Siswa dapat Membuat folder
· Siswa dapat Menggunakan Drop and Drag
· Siswa dapat Mengenal tipe file
· Siswa dapat Mengganti nama file
· Siswa dapat Memanggil, mengedit dan
menyimpan file
· Siswa dapat Memformat disket
· Siswa dapat Menyalin (copy) file dari
hard disk / CD ke disket atau sebaliknya
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
·
Menyampaikan
kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
·
Apersepsi
tentang penyimpanan data yang baik
·
Motivasi
penataan data yang baik akan mempermudah pencarian
B. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1(2
jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
menginformasikan secara umum cara berpindah dari folder yang satu ke folder yang
lain
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Guru
menyuruh siswa untuk mengaktifkan folder
Fisika pada My Dokumen yang telah
dibuat pada pertemuan sebelumnya
·
Guru
menginformasikan ciri dari file MS.Word.
Ms.Excel. MS.Power Point
·
Siswa
diminta untuk menkopi file JELANG
yang telah diketik dapa pertemuan 2 minggu sebelumnya ke dalam Folder Fisika dengan metode Send
Pertemuan ke-2 (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
diminta untuk membuat Folder Ms. Word dan
MS.Excel pada My dokumen
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa
diminta untuk mengkopi file MS.Word ke
dalam Folder Ms. Word dengan metode DRAG
dan DROP
·
Siswa
diminta untuk mengulangi apa yang telah dilakukan
·
Guru
membimbing siswa cara untuk mengubah nama file dalam sebuah folder
·
Siswa
dibimbing untuk mengaktifkan drive A
·
Siswa
dibimbing untuk mengkopi sebuah file dari my dokumen ke disket
·
Siswa
dimbimbing untuk mengkopi beberapa file ke disket
·
Siswa
dibimbing untuk menghapus file di disket
·
Siswa
dibimbing untuk mengkopy dari disket ke My dokumen
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru
memberikan tugas rumah (PR). (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
G. PENILAIAN
Penilaian
Pada Kompetensi Dasar ini hanya dilakukan pada ketrampilan proses kerja
(Praktek)
No
|
Bidang Penilaian
|
Skor
|
|||
Sangat Baik
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
||
1.
|
Buatlah Folder Data Ms.Word, Data MS.Excel dan Data MS Power Poin dari My
dokumen
|
|
|
|
|
2.
|
Copylah file-file Ms.Word ke dalam Folder
Data Ms.Word
|
|
|
|
|
3.
|
Copylah file-file Ms.Excel ke dalam
Folder Data Ms.Excel
|
|
|
|
|
4.
|
Aktifkan Folder Ms. Word Copy Jelang dengan nama baru JELANG-1
|
|
|
|
|
5.
|
Ubahlah File Jelang-1 menjadi TUJUAN
|
|
|
|
|
6.
|
Copylah
TUJUAN dengan nama yang baru TUJUAN-1
|
|
|
|
|
7.
|
Hapus File JElANG-1 dan TUJUAN
|
|
|
|
|
8.
|
Copylah
beberapa file sesuai keinginanmu ke Disketmu
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
Kriteria
Sangat baik >= 12 kali konversi nilai >90
Baik >= 8 kali konversi
nilai 90 – 80
Cukup >= 6 kali konversi
nilai 80 – 70
Kurang < 6
kali konversi nilai 40 -
60
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP) 4
Mata Pelajaran : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas / Semester : 10 / 2 (dua)
Standar Kompetensi : Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : ________________
A. KOMPETENSI DASAR
5.1. Menunjukan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Mengidentifikasi kegunaan program pengolah kata
2. Mengaktifkan program.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
belajara mengajar diharapkan siswa dapat:
1.
menuliskan
masing-masing fungsi dari menu pengolah kata
2.
mengaktifkan
menu pengolah kata
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke
masa depan
D. MATERI PEMBELAJARAN
Identifikasi
menu dan ikon pada MS. Word
E. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran
langsung
F. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya
Sadiman, S.Pd
2. Modul Belajar Karya _________________
3. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menunjukan menu dan ikon yang terdapat
pada perangkat lunak pengolah kata
|
· Siswa diminta untuk mengaktifkan program
pengolah kata sesuai dengan prosedur yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
· Dengan menggunakan program pengolah Ms.
Word yang sudah aktif, siswa diminta untuk mengidentifikasi bagian-bagian
dair lembar kerja pengolah kata MS. Word
|
· Siswa dapat Mengidentifikasi kegunaan
program pengolah kata
· Siswa dapat Mengaktifkan program
|
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
1.
Menyampaikan kompetensi dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
2.
Apersepsi
3.
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
diminta untuk mengaktifkan Program Pengolah kata MS.Word dari menu Pulldown
·
siswa
diminta untuk mengindefikasi bagian lembar keja Judul, Menu, Tools menu,
ruller, tempat pengetikan, dan tampilan-tampilan yang lain
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa
diminta untuk membuat tulisan berupa data pribadi
·
Siswa
diminta untuk menyimpan dokumen dengan nama DATA PRIBADI
·
Siswa
dminta untuk menutup dokumen dengan menggunakan menu File kemudian Close
·
Siswa
diminta untuk keluar dari MS.Word kembali ke DEFAULT
·
Guru
mendemontrasikan cara membuat dokumen dari MS.Word secara langsung dan menutup
dokumen dengan x
·
Siswa
diminta untuk mengikuti apa yang telah dilakukan guru
·
Guru
mengontrol siswa satu persatu dan mengecek pengetahuan yang telah diperolah
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru
memberikan tugas rumah (PR). (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
H. PENILAIAN
Ujian Kemampuan Praktek
1. Bagaimana prosedur untuk mengaktifkan Program
MS.Word
2. Ketik data berikut ini
Nama :
Sugi Handoyo
Nama Panggilan : Handoyo
Tempat Lahir : Jakarta
Tanggal Lahir : …………….
Alamat :
…………………………………
No Telpon :
………………..
Hobi :
Membaca dan Membuat Program Komputer
Cita-cita :
Menjadi Ahli Komputer
Nama Sekolah :
_________________
3. Bagaimana cara untuk menyimpan data di atas
dengan nama DATA PRIBADI
4. Bagimana cara untuk membuka sebuah dokumen
yang bernama DATA PRIBADI
MATERI IDENTIFIKASI MENU DAN IKON
PADA MS. WORD
1. Microsoft
Office merupakan gabungan dari beberapa program aplikasi. Program aplikasi di
dalam Microsoft Office yang digunakan sebagai aplikasi pengolah kata adalah… .
a. Microsoft Visio d. Microsoft Word
b. Microsoft Outlook e. Microsoft Power Point
c. Microsoft Excel
2. Nama
file dan aplikasi yang sedang aktif dapat dilihat pada komponen… .
a. Menu bar c. Sub-menu e. Folder
baru
b. Title bar d. Scrool bar
3. Bagian dari aplikasi yang
berisi sejumlah bagian yang digunakan untuk melakukan eksekusi perintah
disebut… .
a. Menu bar c. Sub-menu e. Folder baru
b. Title bar d. Scrool bar
4. Sub menu yang digunakan
untuk fasilitas pencetakan dokumen pada Microsoft Word adalah… .
a. Save c. Page setup e. Print Preview
b. Save as d. Print
5. Scroll bar berfungsi untuk
menampilkan bagian lain dari dokumen yang sebelumnya tidak terlihat, Scrool bar
dibagi menjadi dua jenis yaitu… .
a. Horisontal
dan Vertikal Scroolbar
b. Min dan Max Scroolbar
c. Right dan Left Scroolbar
d. Horisontal dan Left Scroolba
e.
Up dan Down Scroolbar
6. Selain
teks, aplikasi pengolah kata dapat melakukan penyisipan file lain, kecuali… .
a. gambar c. tabel e. grafik
b. MP3 d. Simbol
7. Untuk
menyisipkan tampilan no.halaman pada kertas kerja Ms.Word maka dilakukan dengan
menggunakan fasilitas… .
a. insert Row d. insert Picture
b. insert Paragraf e. insert Page Number
c. insert Table
8. Dalam
pengaturan halaman kerja, diperlukan juga standar pengukuran yang digunakan.
Untuk standar pengukuran ini dilakukan dengan masuk ke sub menu... .
a. File – Save as d. Tools
– Options
b. Windows – Help e. Table – Insert
c. File – Edit
9. Menampilkan
huruf miring dapat dilakukan dengan mengklik ikon… .
a. Italic c. Underline e. Align Right
b. Align Left d. Bold
10. Berikut
ini adalah beberapa submenu yang terdapat pada menu View, kecuali… .
a. Header and Footer
b. Ruler d. Dokumen Map
c. Select All e. Print
Layout
11. Microsoft Word menyediakan
fasilitas bantuan bila terjadi kesulitan dalam menjalankan fasilitas yang ada.
Untuk menjalankan fungsi ini, sub menu yang harus dijlankan adalah… .
a. Option c. About Microsoft e.formula
b. Help d. New Windows
12. Berikut ini adalah beberapa
submenu yang terdapat pada menu Tool, kecuali… .
a. Spelling and Grammar
b. Object d. Word
Count
c. Speech e. Customize
13. Berikut ini yang bukan
merupakan menu bar adalah… .
a. File c. View e. Tools
b. Edit d. Save
14. Ruler merupakan istilah yang ada pada Ms.Word yang menerangkan
tentang… .
a. Peraturan yang harus ditaati dalam
menggunakan Microsoft Word
b. Cara-cara
menjalankan Microsoft Word
c. Alat bantu pengukuran dengan menggunakan
skala tertentu sesuai dengan setting yang diberikan sebelumnya.
d. Penentuan tampilan pada Microsoft Word
e. Proses awal pencetakan file
15. Control
Button di bagian kiri atas merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk... .
a. Print
Preview
b. Kendali
untuk mencetak
c. Kendali untuk membuka dan menutup tampilan
Word
d. Kendali untuk pembuatan file baru
e. kendali untuk memperbesar teks yang ada
16. Untuk
membatalkan dan kembali ke tampilan sebelumnya adalah salah satu fasilitas yang
penting pada Ms.Word. Fasilitas ini dikenal sebagai... .
a. Redo c. Cut e. Replace
b. Paste d. Undo
17. Untuk pemilihan warna huruf
yang akan ditampilkan, menu format telah menyediakan fasilitasnya. Sub menu
yang memiliki fungsi ini adalah... .
a. Font d. Theme
b. Bullet Numbering e. Style and Formating
c. Paragraf
18. Pada
sebagian dokumen, diperlikan modifikasi berupa penambahan header dan footer.
fasilitas ini terdapat pada menu… .
a. File c. Edit e. Format
b. Insert d. View
19. Untuk meyisipkan gambar
yang berasal dari sebuah file gambar, menu yang harus diklik, adalah menu … .
a. File c. Edit e. Format
b. Insert d. View
20. nama gambar di atas adala…
a. Toolbars c. Toolbar Menu e. Icons
b. Submenu d. Toolbar Formating
21. Ikon berfungsi untuk memformat… .
a. ketebalan huruf d. jenis huruf
b. ukuran huruf e. huruf italic
c. huruf bergaris bawah
22. Untuk menyimpan dokumen yang telah
dibuat menggunakan ikon… .
a. b. c. d. e.
23. Jika
ingin mencetak dengan model / orientasi kertas secara horisontal maka langkah
perintah pengaturan kertas pada Page Setup orientasi yang dipilih adalah… .
a. Portrait c. Defauld e. Multiple
b. Landscape d. Margin
24. Ikon
berikut yang merupakan simbol paragraf adalah....
a.
b.
c. d.
e.
25. Di
bawah ini yang bukan termasuk sub menu insert adalah...
a. Auto Text c. Picture e. Field
b.
Symbol d. Office Clipboard
26. Perhatikan
ikon atau toolbar berikut !
1. 3.
2. 4.
Ikon-ikon di atas yang tepat masuk
formatting bar adalah....
a. 1 dan 2
c. 2 dan 4 e. 2 dan 3
b. 1 dan 3 d. 3 dan 4
27. Ikon digunakan untuk … .
a. Memasukkan karakter tertentu yang tidak
ada dalam keyboard
b. Membuka fasilitas untuk pengetikan teks
rumus matematika
c. Pengecekan kata atau kalimat dalam tata bahasa inggris.
d.
Pengaturan perataan obyek
terhadap teks
e. Membuka obyek gambar
28.
Gambar digunakan untuk… .
a. open c. edit e. erase
b. close d. exit
29. Ikon digunakan untuk... .
a. membuat folder baru
b.
membuka
folder tempat file akan disimpan
c.
menentukan type file
d.
menyimpan folder
e.
memilih folder lain
30. Nama
gambar di samping adalah… .
a. formating c. bulleting e.indent
b. name and number d. number
31. ikon berikut digunakan untuk …..
a. jarak spasi d. jarak paragraph
b. ukuran dokumen e. ukuran kertas
c. ukuran font
Jenis
toolbar yang memuat ikon seperti berikut :
32
adalah … .
a.
Standart c. mail merge e. Picture
b. Drawing d. Formating
33. Sub
Menu uyang digunakan untuk setting halaman atau kertas adalah... .
a. Print c. Print
Previw e. Page
setup
b. Open d. Save as
34. Untuk membuat tulisan seni
menggunakan… .
a. c. e.
b. d.
35. Untuk
menyisipkan bagan organisasi menggunakan menu… .
a. Insert – Clip Art d. Insert
–Picture
b. Insert –From File e. Insert –Bookmark
c. Insert
–Obyek
36. Untuk
membuat tulisan dalam kotak menggunakan… .
a. c.
e.
b. d.
37. Fasilitas untuk membuat table
dapat dibuat dengan menggunakan icon …
a. c. e.
b. d.
38. Dibawah ini termasuk
icon-icon pada toolbar drowing, kecuali... .
a.
C. E.
b.
D.
39. Untuk menyisipkan gambar-gambar
seperti berikut ini :
gambar-gambar tersebut dapat diperoleh
pada fasilitas ………. yang berada di drawing
toolbars.
a.
Picture d. Clip
Art
b.
Auto Shapes e. Word
Art
c.
Chart
40. Untuk
membuka dokumen yang telah dibuat
menggunakan
ikon… .
a. b. c. d. e.
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP) 5
Mata Pelajaran : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas / Semester : 10 / 2 (dua)
Standar Kompetensi : Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : ________________
A. KOMPETENSI DASAR
5.1. Menunjukan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah
kata
II. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Mengakses berbagai menu pada program pengolah kata
2. Mengidentifikassi berbagai menu dan ikon pengolah kata
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke
masa depan
III. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran
langsung
IV. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa Penerbit Erlangga Karya
Sadiman, S.Pd
2. Modul Belajar Karya _________________
3.
Seperangkat computer lengkap
dengam program under windows
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menunjukan menu dan ikon yang terdapat
pada perangkat lunak pengolah kata
|
· Guru menjelaskan beberapa menu dan siswa
mengikuti dengan mengaktifkan beberap amenu yang sedang dijelaskan oleh guru.
· Siswa diminta untuk menggunakan beberapa
menu yang ada pada pengolah kata Microsodt Word.
|
· Siswa dapat Mengakses menu pada program
pengolah kata
· Mengidentifikasi menu dan ikon pengolah
kata
|
V. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
1.
Menyampaikan kompetensi dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
2.
Apersepsi
3.
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
diminta untuk mengaktifkan Program Pengolah kata MS.Word
·
Siswa
diminta untuk memperhatikan Menu satu
persatu mulai dari File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Tabel,
Windows dan Help
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa
dimint untuk mengklik menu File dan memperhatikan sub menu yang ada dan fungsi
masing-masing
·
Guru
memberikan intruksi kepada siswa untuk mengklik
Edit, View, Insert, Format, Tools, Tabel, Windows dan Help secara
berurutan dan guru menjelaskan fungsi masing-masing sub menu
·
Siswa
diminta untuk menggunakan beberapa sub menu dalam pekerjaannya
·
Siswa
diminta untuk menggunakan menu view dan cara menampilkan toollbar
·
Siswa
diminta untuk menyimpan dokumen dengan nama DATA PRIBADI
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab.);
·
Guru
memberikan tugas rumah (PR). (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
VII. PENILAIAN
Evaluasi Pemahaman Konsep, dilakukan dengan memberikan
nilai skor dari 0 sampai 100 untuk soal-soal di bawah ini
1. Nama tampilan
berikut ini dan jelaskan !
2. Apa nama tampilan
berikut
3. Jelaskan fungsi masing-masing dari tools Bar
berikut :
4.
Jelaskan arti dari tampilan berikut
inni
A.
B.
5. Bagaimana prosedur untun menampilan ruller, formating dan standar pada layar !
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP) 6
Mata Pelajaran : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas / Semester : 10 / 2 (dua)
Standar Kompetensi : Membuat dokumen dengan program pengolah kata
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : ________________
A. KOMPETENSI DASAR
5.2. Menggunakan Menu dan Ikon yang
terdapat pada perangkat lunak
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Membuat dan menyimpan dokumen baru
2. Mengaktifkan ukuran halaman
3. Mengatur ukuran halaman
4. Mengatur format teks dan spasi dalam
paragraf
5. Menggunakan bullet and numbering
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
belajar mengajar diharapkan siswa dapat:
1.
memanipulasi
dokumen dengan program pengolah kata
2.
memformat
margin dokumen
3.
memberikan
format teks, spasi dan
4.
Menggunakan
bullet dan dokumen dalam kalimat lembar kerja pengoalh kata
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke
masa depan
D. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran
langsung
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa Penerbit Erlangga Karya
Sadiman, S.Pd
2. Modul Belajar Karya _________________
3. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
4. Lembar Kerja Siswa
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menggunakan menu dan ikon yang terdapat
pada perangkat lunak
|
· Setelah membuat dokumen siswa diminta
untuk menyimpan dokumen dengan beberapa metoda seperti menyimpan ulang,
menyimpan dengan nama yang baru dan lain-lain
· Siswa diminta untuk mengatur format
halaman sebua dokukumen untuk kuarfo, folio atau A4
|
· Siswa dapat Membuat dan menyimpan
dokumen baru
·
Siswa
dapat Mengaktifkan ukuran halaman
· Siswa dapat Mengatur ukuran halaman
· Siswa dapat Mengatur format teks dan
spasi paragraf
· Siswa dapat Menggunakan bullet dan
numbering
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
·
Menyampaikan
kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
·
Apersepsi
·
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
diminta untuk mengaktifkan window dan Ms
Word
·
Guru
mendemontrasikan step by step cara untuk mengformat ukuran halaman kertas Folio, Kertas Kuarto dan A4, beserta batas marginya
·
Siswa
mengikuti apa-apa yang telah dilakukan guru
·
Guru
mengadakan pembibingan inducidual pada siswa yang masih bingung
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Guru
membagikan teks kerja (LKS) terlampir
·
Siswa
mengerjakan LKS sesuai dengan kemampuannya selama 25 menit
·
Guru
membimbing siswa untuk menformat spasi, bentuk teks dalam paragraf
·
Setelah
semua paham dilanjutkan dengan membuat bullet dan numbering
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru
memberikan tugas rumah (PR). (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
G. PENILAIAN
Tahap
1 : dilakukan untuk menilai tentang pemahaman konsep
Tahap 2: dilakukan untuk praktek dengan LKS yang
tersedia
1. Bagaimana prosedur untuk menyimpan dokumen yang telah kita ketik
2. Bagaimana prosedur untuk membuka file yang telah ada
di komputer
3.
Bagaimana prosedur untuk mengubah ukuran kertas menjadi A4 dengan batas
margin atas dan kiri 3 cm, batas margin
kanan dan bawah 2.5 cm.
4. Jika kita sudah
mengetik dan ingin membuat spasi adalah 1.5 spasi bagaimana
caranya
5. Apa fungsi dari
toolmenu berikut ini :
A.
B.
Lembar Kerja Siswa
Petunjuk :
1. Ketiklah teks berikut
2.
Dengan mengikuti petunjuk guru format teks dengan ukuran A4, batas
margin atas dan kiri 4 cm, kanan dan bawah
3 cm.
3.
Format dokumen sesuai dengan yang ada
4. Simpan dengan nama LKS
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP) 7
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Kelas / Semester : 10 / 2 (dua)
Standar Kompetensi : Membuat dokumen dengan program pengolah kata
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : ________________
I. KOMPETENSI DASAR
5.2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak.
II. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menggunakan border and shading
2. Menggunakan berbagai jenis fond dan ukuran
3. Menggunakan identasi
4. Menggunakan menu tabs
5. Mengoperassikan menu ikon pada program
pengolah kata
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses
belajar mengajar diharapkan siswa dapat:
1.
Membuat
border dan shading pada paragraf
2.
mengubah
ukuran fond pada dokumen
3.
menggunakan
tabulasi untuk membuat tabel
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke
masa depan
IV. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran
langsung
V. SUMBER BELAJAR
1.
Buku pegangan siswa Penerbit
Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
2.
Modul Belajar Karya
_________________ Penerbit Yayasan Phesdia Palembang
3.
Seperangkat computer lengkap
dengam program under windows
4.
Lembar Kerja Siswa
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menggunakan menu dan ikon yang terdapat
pada perangkat lunak
|
· Siswa diminta untuk memperagakan cara
untuk membuat border dan shading, mengubah jenis dan ukuran fond dari LKS
yang dibagikan
· Siswa dimint auntuk membuat indentasi,
tabulasi dan mengoperasikan ikon pada pengolah kata
|
· Siswa dapat Menggunakan border and
shading
· Siswa dapat Menggunakan huruf berbagai
jenis font dan ukuran
· Siswa dapat Menggunakan identasi
· Siswa dapat Menggunakan menu tabs
· Siswa dapat Mengoperasikan menu dan ikon
pada program pengolah kata
|
V. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
·
Menyampaikan
kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi pembelajaran
·
Apersepsi
·
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
diminta untuk mengaktifkan window dan Ms
Word
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Guru
mendemontrasikan step by step cara untuk mengformat ukuran halaman kertas Folio, Kertas Kuarto dan A4, beserta batas marginya
·
Guru
mendemontrasikan cara mengubah font dan ukuran
·
Guru
menginformasikan cara menggunakan tombol tabulasi
·
Guru menginformasikan
cara menggunakan menu icon pada program pengolah kata
·
Guru
mengadakan pembibingan inducidual pada siswa yang masih bingung
·
Guru
membagikan teks kerja (LKS) terlampir
·
Siswa
mengerjakan LKS sesuai dengan kemampuannya selama 25 menit
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru
memberikan tugas rumah (PR). (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
VI. EVALUASI
1. Bagaimana prosedur untuk membuat ukuran dan jenis font
2. Bagaimana prosedur untuk membuat tabel
3.
Bagaimana prosedur untuk mengubah ukuran kertas menjadi Kuarto dengan batas
margin atas dan kiri 4 cm, batas margin
kanan dan bawah 3 cm.
4. Jika kita sudah
mengetik dan ingin membuat spasi adalah 2 spasi bagaimana
caranya
5. Apa fungsi dari
toolmenu berikut ini :
A.
B.
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|