RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA .....................
Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : XI / 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat
lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi
Kompetensi Dasar : 2.1. Menggunakan menu ikon
yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
- Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
- Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
- Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
- Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa mampu :
- Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
- Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
- Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
- Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
MATERI AJAR (MATERI POKOK) :
- Menu dan ikon aplikasi pengolah angka
METODE PEMBELAJARAN :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
Strategi Pembelajaran
- Tatap MukaTerstrukturMandiri
- Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
- Menyimak penjelasan tentang pengertian menu dan ikon
- Mendiskusikan fungsi menu dan ikon
- Menunjukkan menu dan ikon
- Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon
- Siswa dapat Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
- Siswa dapat Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
- Siswa dapat Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
- Siswa dapat Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
A. Kegiatan Awal
- Guru memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
- Menyimak penjelasan tentang pengertian menu dan ikon
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
- Mendiskusikan fungsi menu dan ikon
- Menunjukkan menu dan ikon
- Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
- Guru menugaskan secara random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah dipelajari hari itu. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
- Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan tulisan dengan beberapa kesalahan ketik yang harus diedit oleh siswa untuk dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
PENILAIAN :
Penugasan individu
Uraian Praktik.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA .....................
Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : XI / 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat
lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi
Kompetensi Dasar : 2.2. Membuat dokumen pengolah
angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
- Mendemonstrasikan pembuatan spreadsheet baru
- Melakukan langkah dasar pengoperasian
- Menjelaskan formula dan fungsinya
- Memasukkan data ke dalam cell
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa mampu :
- Mendemonstrasikan pembuatan spreadsheet baru
- Melakukan langkah dasar pengoperasian
- Menjelaskan formula dan fungsinya
- Memasukkan data ke dalam cell
MATERI AJAR (MATERI POKOK) :
Fungsi menu dan ikon aplikasi pengolah angka
METODE PEMBELAJARAN :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
Strategi Pembelajaran
- Tatap MukaTerstrukturMandiri
- Membuat dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar dan diagram
- Melalui demontrasi siswa dijakan untuk membuka lembar kerja, membuat lembar kerja, memasukan tanggal dan teks ke dalam sels
- Melalui pembelajaran langsung dan contoh dari guru siswa mempraktekan caar menggabungkan cel, baris, kolom
- Melalui contoh yang diberikan siswa diajak untuk mengoperasikan cara menggunakan perintah CUT, COPY dan PASTE
- Siswa dapat Mendemonstrasikan pembuatan spreadsheet baru
- Siswa dapat Melakukan langkah dasar pengoperasian
- Siswa dapat Menjelaskan formula dan fungsinya
- Siswa dapat Memasukkan data ke dalam cell
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
A. Kegiatan Awal
Guru memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan,
seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan
teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan siswa
menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
- Membuka dan menutup program aplikasi
- Menyimpan dokumen
- Memasukkan data berupa angka dan teks ke dalam cell
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
- Membuat data yang berurutan secara otomatis
- Memasukkan data berupa simbol atau karakter khusus ke dalam cell
- MStandar Kompetensi 2. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasienggunakan perintah undo dan redo
- Mencari informasi tentang formula dan fungsinya
- Mendiskusikan tentang formula dan fungsinya
- Mengatur lebar kolom yang diinginkan
- Membuat data tentang penduduk kota Lembang dengan menggunakan fungsi statistik, fungsi date dan fungsi time, fungsi logika, dan fungsi lookup
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
- Guru menugaskan secara random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah dipelajari hari itu. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
- Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan tulisan dengan beberapa kesalahan ketik yang harus diedit oleh siswa untuk dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
PENILAIAN :
Penugasan individu
Uraian Praktik.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru Mata Pelajaran
........................... ...................................
NIP./NIK. NIP./NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA .....................
Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : XI / 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat
lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi
Kompetensi Dasar : 2.3. Mengolah dokumen pengolah
angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram untuk
menghasilkan informasi
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
- Mengolah data menggunakan perhitungan statistik
- Mengolah data menggunakan perhitungan matematis
- Mengolah data sekunder
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa mampu :
- Mengolah data menggunakan perhitungan statistik
- Mengolah data menggunakan perhitungan matematis
- Mengolah data sekunder
MATERI AJAR (MATERI POKOK) :
Membuat dan mengolah dokumen pengolah angka
METODE PEMBELAJARAN :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
Strategi Pembelajaran
- Tatap MukaTerstrukturMandiri
- Mengolah dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar dan diagram
- Memperagakan cara mengoperasikan Print Priview
- Mempraktekan cara untuk mencetak dokumen dengan printer yang ada
- Mendmontrasikan cara untuk memasukan formula
- Mengidentifikasi sel absolut dan sel relatif melalui contoh yang ada
- Mendemontrasikan cara membuat grafik sederhana
- Mendemontrasikan cara membuat grafik dan memodifikasinya
- Memperagakan cara pengurutan data secara asceding dan descending
- Siswa dapat Mengolah data menggunakan perhitungan statistik
- Siswa dapat Mengolah data menggunakan perhitungan matematis
- Siswa dapat Mengolah data sekunder
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
A. Kegiatan Awal
- Guru memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
- Mengolah data angka dengan hitungan statistik
- Mengolah data angka dengan hitungan matematika
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
- Mengurutkan data sayuran dan kacang-kacangan berdasarkan jenis, nama, dan harga
- Menyaring data sayuran
- Menyajikan grafik berdasarkan jenis, jumlah, dan harga
- Menyisipkan objek (gambar, grafik, dsb.)
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
- Guru menugaskan secara random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah dipelajari hari itu. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
- Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan tulisan dengan beberapa kesalahan ketik yang harus diedit oleh siswa untuk dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
PENILAIAN :
Penugasan individu
Uraian Praktik.
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK
: ....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK
: ....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA ............................
Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : XII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menggunakan
peerangkat lunak pembuat grafik.
Kompetensi Dasar :1.1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam
perangkat lunak pembuat grafis
Indikator Pencapaian Kompetensi :
- Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
- Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
- Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
- Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
- Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
- Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
- Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
- Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
- Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
- Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
- Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
- Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
- Karakter siswa yang diharapkan :
- Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
- Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
- Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
Materi Ajar (Materi Pokok) :
Menu dan ikon aplikasi pembuat grafis
Metode Pembelajaran :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
Strategi Pembelajaran
- Tatap MukaTerstrukturMandiri
- Menunjukan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak desain grafis
- Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
- Menjelaskan aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
- Menyimak penjelasan tentang pengertian menu dan ikon
- Mendiskusikan fungsi menu dan ikon
- Siswa dapat Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
- Siswa dapat Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
- Siswa dapat Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
- Siswa dapat Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
- Siswa dapat Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
- Siswa dapat Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Guru memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
- Mencari informasi tentang pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
- Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
- Menjelaskan aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
- Menyimak penjelasan tentang pengertian menu dan ikon
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
- Mendiskusikan fungsi menu dan ikon
- Menunjukkan menu dan ikon
- Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
- Guru menugaskan secara random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah dipelajari hari itu. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
- Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan tulisan dengan beberapa kesalahan ketik yang harus diedit oleh siswa untuk dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
PENILAIAN :
Penugasan individu
Uraian Praktik.
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK
: ....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK
: ....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA ............................
Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : XII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menggunakan
peerangkat lunak pembuat grafik.
Kompetensi Dasar : 1.2. Menggunakan menu ikon
yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
- Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru
- Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan halaman
- Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan teks
- Memodifikasi pembuatan garis dan bentuk
- Memodifikasi pewarnaan pada grafis
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa mampu :
- Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru
- Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan halaman
- Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan teks
- Memodifikasi pembuatan garis dan bentuk
- Memodifikasi pewarnaan pada grafis
- Karakter siswa yang diharapkan :
- Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
- Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
- Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
MATERI AJAR (MATERI POKOK) :
Fungsi menu dan ikon aplikasi pembuat grafis
METODE PEMBELAJARAN :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
Strategi Pembelajaran
- Tatap MukaTerstrukturMandiri
- Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
- Mendemontrasikan penggunaan menu, tool dan icon untuk membuat gambar desain sederhana dengan bimbingan guru
- Pemberian latihan secara bertahap sehingga pemahaman dan kemampuan siswa dalam pembuatan grafis secara bertahap dapat meningkat
- Siswa dapat Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru
- Siswa dapat Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan halaman
- Siswa dapat Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan teks
- Siswa dapat Memodifikasi pembuatan garis dan bentuk
- Siswa dapat Memodifikasi pewarnaan pada grafis
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
A. Kegiatan Awal
- Guru memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
- Mempraktikkan cara membuat dokumen baru
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
- Mempraktikkan cara menyimpan dokumen
- Mempraktikkan cara mengatur ukuran halaman
- Mempraktikkan cara mengubah warna halaman
- Mempraktikkan cara mengatur ukuran teks
- Mempraktikkan cara mengubah jenis dan warna teks
- Mempraktikkan cara membuat garis
- Mempraktikkan cara membuat bentuk
- Mempraktikkan cara memberikan warna pada garis
- Mempraktikkan cara memberikan warna pada bentuk
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
- Guru menugaskan secara random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah dipelajari hari itu. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
- Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan tulisan dengan beberapa kesalahan ketik yang harus diedit oleh siswa untuk dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
PENILAIAN :
Penugasan individu
Uraian Praktik.
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK
: ....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK
: ....................................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA............................
Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : XII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1.
Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik.
Kompetensi Dasar : 1.3 Membuat grafis dengan
berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
- Membuat beberapa kreasi grafis
- Membuat sebuah karya fotografi
- Membuat leaflet.
- Membuat surat undangan
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa mampu :
- Membuat beberapa kreasi grafis
- Membuat sebuah karya fotografi
- Membuat leaflet.
- Membuat surat undangan
- Karakter siswa yang diharapkan :
- Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
- Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
- Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
MATERI AJAR (MATERI POKOK) :
Kreasi Grafis
METODE PEMBELAJARAN :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
Strategi Pembelajaran
- Tatap MukaTerstrukturMandiri
- Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran
- Mempraktekan cara membuat desain grafis untuk percetakan
- Siswa dapat Membuat beberapa kreasi grafis
- Siswa dapat Membuat sebuah karya fotografi
- Siswa dapat Membuat leaflet.
- Siswa dapat Membuat surat undangan
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
A. Kegiatan Awal
- Guru memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
- Melakukan observasi ke pasar sayuran Lembang
- Mengatur tampilan ukuran dan warna halaman
- Mengatur jenis, warna dan ukuran teks
- Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan bentuk
- Mengatur pewarnaan pada grafis
- Menerapkan efek sederhana dan lanjutan pada grafis
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
- Melakukan pencetakan dan/atau penampilan (publish) grafis
- Melakukan observasi dan pemotretan di gunung Tangkuban Perahu
- Mengatur tampilan ukuran dan warna halaman
- Mengatur jenis, warna dan ukuran teks
- Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan bentuk
- Mengatur pewarnaan pada grafis
- Menerapkan efek sederhana dan lanjutan pada grafis
- Melakukan pencetakan dan/atau penampilan (publish) grafis
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
- Guru menugaskan secara random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah dipelajari hari itu. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
- Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan tulisan dengan beberapa kesalahan ketik yang harus diedit oleh siswa untuk dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
Penilaian :
Penugasan individu
Uraian Praktik.
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK
: ....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel TIK
(_________________________)
NIP/NIK
: ....................................
|